Persiapan Wisata Hati (3)

Persiapan Wisata Hati (3)

Semua dokumen sudah dimasukkan ke biro perjalanan umroh. Lalu mau apalagi?

Sekarang persiapkan kebutuhan pribadi yang akan dibawa. Buat daftar apa saja perlengkapannya. Seperti pakaian, berapa banyak yang dibutuhkan. Apakah cukup bepergian sembilan hari, lalu kita bawa pakaian sembilan potong?

Ini tergantung kebiasaan masing-masing saja. Kalau saya, ternyata tidak bisa bepergian dengan membawa pakaian sedikit. Saya membawa lima pakaian, tetapi sampai di Mekah saya butuh laundry. Biaya jasanya lumayan mahal, pakaian saya dan suami menghabiskan enam ratus ribu jika dirupiahkan.

Hujan di Madinah

Jenis pakaian yang kita bawa juga dicocokkan dengan situasi di negara yang kita kunjungi. Cari info yang akurat tentang kondisi cuaca di negara tersebut. Biasanya kalau awal tahun cuaca Madinah cenderung lebih dingin. Waktu subuh suhunya bisa belasan derajat. Bahkan ketika saya berangkat umroh Januari tahun 2019 di Madinah sempat hujan sejak sejak Subuh hingga siang. Jangan lupa bawa payung kecil, ya. Gunakan pakaian dari bahan yang nyaman dan bisa menghangatkan. Kalau di Mekah suhunya kurang lebih sama dengan di Jakarta antara 28°-35°c.

Pakai alas kaki yang nyaman selama perjalanan. Bawa juga kantong untuk tempat alas kaki jika akan masuk mesjid. Sehingga bisa kita bawa ke dalam, tidak perlu dititip. Suasana di pintu-pintu mesjid biasanya berdesakan ketika akan keluar atau masuk. Berhati-hatilah dengan barang bawaan kita.

Jika dibutuhkan, ada baiknya kita membawa tas tambahan yang bisa dilipat. Bukan tidak mungkin, tingginya hasrat belanja oleh-oleh khas setempat membuat koper bawaan menjadi beranak pinak. Kurma, kismis, coklat, kacang-kacangan, segala macam bentuk tasbih, sajadah, bahkan pakaian bisa masuk ke kantong belanja ketika perjalanan pulang dari mesjid menuju hotel. Batasi hasrat belanjanya, ya. Biaya kelebihan bagasi itu ditanggung oleh jamaah. Jangan sampai membebani jamaah lainnya. Kecuali jika mau membayar pengiriman sendiri.

Jangan khawatir jika kehabisan uang real. Bawa mata uang rupiah juga bisa. Nanti di sekitar hotel ada money changer, kita bisa menukar uang di sana.

Yang perlu diingat bukan hanya keperluan untuk berangkat yang harus kita siapkan, tetapi kebutuhan di rumah selama akan kita tinggal juga perlu dibereskan.

Selama menunggu keberangkatan akan ada jadwal manasik yang diselenggarakan biro perjalanan umroh. Ikuti dengan tekun arahan pembimbing dan pahami alurnya.

Persiapkan dan pantaskan diri untuk meraih keutamaan ibadah umroh yang mabrur. Nikmati dan penuhi undangan Allah. Terus berdoa agar dimudahkan dan dilancarkan ibadahnya, selamat dalam perjalanan dan kembali ke rumah dalam keadaan sehat. Insya Allah ….

rumahmediagrup/gitalaksmi

3 comments

  1. Mungkin boking cancel bisa dilakukan jika tidak menginginkan atau tidak jadi berangkat walupun pun umroh, Invest saja di rifan financindo ada saya sebagai business consultant /Broker 🙏

  2. Saya tunggu kabar baiknya dari ibu dan untuk informasi kepada ibu perpoint profit 1juta pada data aset emas ada juga yang doble profit pda mata uang dolar dan data aset emas bu..

Comments are closed.