Pilihan Kegiatan Jelang Masa Lanjut Usia

Pilihan Kegiatan Jelang Masa Lanjut Usia

Sobat, tahukah usia berapa disebut masa lanjut usia? Menurut Depkes (2009), Masa lanjut usia, diawali dari usia 46-55 tahun yang disebut masa usia lanjut awal. Masa-masa ini sebenarnya termasuk masih produktif dan menjelang masa pensiun. Sedangkan saya di tahun 2020 ini, sudah memasuki usia 39 tahun artinya  sekitar 7 tahun lagi jelang usia lanjut awal. Waw!

Mengapa harus memikirkan kegiatan di masa lansia? Jelas alasannya agar tetap produktif di usia tersebut dan tidak mengalami kejenuhan serta tetap bisa bermanfaat bagi orang lain yang tujuannya mendapatkan pahala.

Mengapa harus dipikirkan dari sekarang ? we know lah, waktu berjalan begitu cepat, baru saja di awal minggu, taunya sudah di akhir minggu. Baru saja weekdays, ujug ujug weekend. Sekarang masih pagi, eh tau tau udah malam lagi, lalu ketemuu pagi lagi dan sudah berganti hari tau tau kita sudah tua. Ya tentunya kita tidak mau ya menjadi lanjut usia atau tua tanpa persiapan. Dan mari kita pikirkan dari sekarang ya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kala memilih kegiatan di hari tua, antara lain: Pilih kegiatan dengan mempertimbangkan faktor resiko bagi kesehatan tubuh. Misalya, jika kita mempunyai riwayat kesehata sakit pinggang maka pilihlah kegiatan yang tidak memicu hal tersebut.

Kemudian pilih kegiatan yang membuat kita senang. Tahukah sobat, indikasi sebuah kegiatan menyenangkan adalah ketika kita mampu bertahan lama mengerjakannya tanpa lelah dan pusing.

Selanjutnya, pilih kegiatan yang menambah skill baru atau mengasah skill yang kita punya agar bisa dimanfaatkan untuk masyarakat. Misalnya, memberikan ketrampilan baru bagi ibu-ibu arisan atau karang taruna agar mereka bisa mengelola suatu produk sehingga tercipta ekonomi masyarakat yang swadaya. Pasti banyak peminatnya jika berhubungan dengan menghasilkan uang.

Dan wajib, rutin olahraga dan diet yang tepat agar hari tua kita menyenangkan. Ada tambahan lagi? Silakan tulis di komentar ya

Bagaimana dengan rencana saya sendiri? Dengan keterbatasan bakat, minat rasanya pilihanku jatuh pada kegiatan menulis dan baking. Mengapa memilih ini? karena dua hal inilah yang mampu membuatku bertahan dan betah melakukannya. Dua duanya sama sama meramu sesuatu menjadi lebih bermakna. Semoga saja mampu mengalirka pahala untuk bekal di akhirat sana. So, bagaimana dengan sobat? Selamat mengoprek rencana Anda di hari tua!

rumahmediagrup/nurfitriagustin

sumber gambar: pixabay