POTENSI MANUSIA (BAGIAN 1)

POTENSI MANUSIA (BAGIAN 1)

Oleh Puji Yuli

Kita diciptakan oleh Allah SWT itu dalam keadaan sempurna dan terbaik sebagai manusia . Dimana, manusia itu diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lain seperti hewan dan tumbuhan. Manusia itu mempunyai potensi kehidupan yang bisa digunakan untuk mengelola dan memakmurkan dunia ini utamanya planet bumi.

Dengan potensi yang dimilikinya diharapkan manusia itu tidak berbuat kerusakan di bumi yaitu didaratan dan dilautan. Sehingga bumi ini tetap lestari dan tidak terjadi bencana alam yang bisa merugikan manusia, hewan dan tumbuhan. Agar bencana alam tidak terjadi, diharapkan manusia itu menggunakan aturan Allah SWT yang ada dalam Alquran untuk mengelola dan memakmurkan dunia ini yaitu bumi.

Potensi yang dimiliki oleh manusia itu berupa kebutuhan jasmani, naluri dan akal. Manusia itu dalam hidup juga dipengaruhi oleh hawa nafsu dalam jiwanya. Diharapkan manusia itu bisa bijaksana dalam memenuhi potensi kehidupan yang dimilikinya dalam menjalani kehidupan. Agar manusia bisa mulia dan selamat di dunia maupun di akhirat.

Wahai manusia, ingatlah bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. Sementara kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal abadi. Oleh karena itulah maka gunakanlah potensi yang dimiliki secara benar dan bijaksana sesuai dengan Alquran.

Puji Yuli /rumahmedia