POTENSI MANUSIA (BAGIAN 2)

POTENSI MANUSIA (BAGIAN 2)

Oleh Puji Yuli

Manusia itu makhluk yang paling sempurna di dunia ini karena punya potensi kehidupan. Potensi kehidupan manusia itu berupa kebutuhan jasmani. Potensi kebutuhan jasmani ini perlu dipenuhi oleh manusia untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Potensi ini berupa kebutuhan manusia akan makanan, minuman, buang air kecil, buang air besar maupun perlunya manusia untuk istirahat (tidur).

Potensi manusia berupa kebutuhan jasmani ini dorongannya berasal dari dalam diri manusia . Apabila tidak dipenuhi dalam waktu tertentu maka manusia itu akan meninggal dunia. Maka dari itu, potensi kebutuhan jasmani ini perlu dipenuhi oleh manusia dalam waktu tertentu dan ukuran tertentu. Apabila pemenuhan akan kebutuhan jasmani ini berlebihan maka bisa menimbulkan rasa sakit bagi manusia .

Oleh karena itulah, Allah SWT itu memberikan aturan alias pedoman hidup yang ada dalam Alquran bagi manusia. Alquran itu berisi petunjuk kehidupan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan jasmani di kehidupan dunia ini. Dengan Alquran ini diharapkan manusia itu bisa selamat dan bahagia dalam kehidupan di dunia dan akhirat untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya.

Dimana, Alquran itu berisi aturan tentang halal dan haram terhadap makanan juga minuman bagi manusia di dunia ini. Makanan dan minuman yang halal dan thoyyib itu bisa memberikan energi dan kesehatan bagi manusia untuk memakmurkan bumi ini secara baik. Sedangkan makanan dan minuman yang haram itu bisa menimbulkan penyakit dan kerusakan bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Semoga dengan makanan dan minuman yang halal ini, manusia bisa sehat dan punya energi positif untuk hidup di dunia ini. Terlebih lagi untuk beribadah kepada Allah SWT agar bisa menjadi manusia mulia dan terbaik di dunia dan akhirat. Amin ya Allah SWT.

Puji