POTENSI MANUSIA (BAGIAN 3)

POTENSI MANUSIA (BAGIAN 3)

Oleh Puji Yuli

Kebutuhan jasmani manusia berupa makanan dan minuman itu harus dipenuhi sesuai Alquran. Baik cara perolehan makanan dan minuman maupun jenis makanan dan minuman itu bagi manusia. Dengan makanan dan minuman yang berkah maka manusia itu bisa meraih derajat taqwa di sisi Allah SWT . Dalam Alquran dijelaskan jenis makanan dan minuman yang haram bagi manusia di dunia ini.

Jenis makanan dan minuman yang haram itu berupa bangkai, darah, daging babi ,minuman keras (miras), hewan yang disembelih tanpa menyebut asma Allah SWT. Makanan dan minuman yang haram itu menimbulkan kemadharatan bagi manusia seperti penyakit maupun kerasnya hati untuk berbuat ketakwaan untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan makanan dan minuman yang haram itu bisa membuat doa doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT itu sulit untuk diijabah.

Adapun cara perolehan makanan dan minuman yang haram dan tidak sesuai dengan petunjuk Alquran itu seperti tindakan mencuri, merampok maupun korupsi. Hal ini dilarang oleh Allah SWT karena bisa merugikan manusia dan membuat kerusakan di bumi ini. Cara perolehan makanan dan minuman yang batil seperti korupsi itu bisa merugikan dan merusak hak orang lain.

Semoga kita bisa bijaksana dalam memenuhi kebutuhan jasmani manusia dalam hal makanan dan minuman. Sebaiknya manusia makan dan minum dengan jenis yang halal dan thoyyib serta cara perolehannya sesuai dengan Alquran. Agar kita bisa menjadi manusia yang berakhlaqul karimah dan doa yang kita panjatkan diterima sebagai amal sholih oleh Allah SWT.

Puji