POTENSI MANUSIA (BAGIAN 4)

POTENSI MANUSIA (BAGIAN 4)

Oleh Puji Yuli

Manusia itu mempunyai potensi naluri dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Naluri yang ada dalam manusia ini berupa naluri beragama (ghorizah taddayyun). Naluri beragama ini dorongannya berasal dari luar dan jika tidak dipenuhi maka manusia itu akan mengalami kegalauan alias resah dan gelisah.

Disadari atau tidak oleh manusia bahwa naluri beragama ini pasti ada dalam diri dan jiwa manusia. Dimana manusia itu merasakan adanya kelemahan dan ketakutan dalam dirinya. Manusia itu merasa butuh kepada yang lainnya untuk melindungi dan memberikan pertolongan pada saat menghadapi kesulitan maupun problematika dalam menjalani kehidupan ini. Dalam jiwa manusia pasti butuh terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

Secara fitrah manusia itu butuh adanya pertolongan kepada Tuhan yaitu Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur dalam hidup ini. Kebutuhan manusia kepada Allah SWT inilah wujud adanya naluri beragama yang ada dalam jiwa manusia yang butuh dipenuhi. Pemenuhan naluri beragama ini bisa benar dan bisa salah. Oleh karena itulah, Allah SWT memberikan petunjuk berupa Alquran kepada manusia dalam pemenuhan naluri beragama.

Dengan Alquran ini diharapkan manusia itu tidak tersesat dan tidak salah jalan dalam pemenuhan naluri beragama. Tetapi kebanyakan manusia itu sombong dan hanya menjadikan hawa nafsu dalam pemenuhan naluri beragama. Sehingga banyak manusia yang tersesat dan mengalami kerugian dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Puji