Program BPJS untuk Penderita Penyakit Kronis

Program BPJS untuk Penderita Penyakit Kronis

Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Penyakit kronis yang termasuk di dalam pengelolaan program Prolanis adalah Diabetes Melitus (DM) Tipe 2 dan Hipertensi. Maka sasaran pesertanya adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan penyandang kedua penyakit kronis tersebut.

Prolanis bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Dengan menjadi peserta Prolanis, banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh peserta, antara lain : meningkatnya komunikasi atau hubungan yang baik antara dokter dan pasien, serta dokter yang akan senantiasa memantau status/kondisi kesehatan peserta Prolanis secara rutin setiap bulannya. Peserta Prolanis akan mendapatkan informasi tentang jadwal pemeriksaan laboratorium rutin, jadwal kegiatan senam dan edukasi, pemantauan kepatuhan minum obat dan konsultasi lainnya seperti konsultasi diet/gizi.

Prolanis merupakan kelanjutan dari skrining kesehatan. Jika hasil skrining riwayat kesehatan mengindikasikan peserta BPJS memiliki faktor risiko DM Tipe 2 atau Hipertensi, peserta dapat turut serta dalam Prolanis. Bagi pasien yang sudah menyandang penyakit kronis DM Tipe 2 dan Hipertensi, juga dipersilakan bergabung dalam Prolanis.

Aktivitas Prolanis ini meliputi berbagai hal, antara lain konsultasi medis, edukasi, reminder melalui SMS Gateway, serta home visit. Mari kita lihat penjelasannya satu per satu :

Konsultasi Medis. Melalui kegiatan ini, peserta Prolanis dapat membuat jadwal konsultasi yang disepakati bersama dengan fasilitas kesehatan pengelola.

Edukasi Kelompok Peserta Prolanis. Edukasi klub risiko tinggi/Risti (Klub Prolanis) adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya kembali penyakit serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta Prolanis.

Reminder Melalui SMS Gateway. Ini merupakan bentuk kegiatan untuk memotivasi peserta supaya melakukan kunjungan rutin ke fasilitas kesehatan pengelola. Melalui SMS, peserta Prolanis akan mendapat pengingatan jadwal konsultasi ke fasilitas kesehatan pengelola tersebut.

Home Visit. Home visit adalah kegiatan pelayanan kunjungan ke rumah peserta Prolanis untuk memberi informasi atau edukuasi kesehatan diri dan lingkungan bagi peserta Prolanis dan keluarganya. Sasaran kegiatan ini meliputi peserta baru terdaftar, peserta tidak hadir terapi di dokter praktek perorangan/klinik/puskesmas 3 bulan berturut-turut, peserta dengan GDP/GDPP di bawah standar 3 bulan berturut-turut, peserta dengan tekanan darah tidak terkontrol 3 bulan berturut-turut, dan peserta pasca opname.

Harapannya, dengan mengikuti kegiatan Prolanis bisa menjadi motivasi bagi peserta Prolanis. Walaupun menderita penyakit kronis, namun tetap semangat dan bahagia agar kesehatannya dapat terkendali dengan baik ❤️

rumahmediagrup/arsdiani