Program Pelatihan Orang Tua

Ada tiga pilar keberhasilan seorang anak dalam hal pendidikannya yaitu : keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Pada dasarnya ketiga pilar tersebut harus saling bersinergi dan bekerja sama demi mencetak generasi yang rabbani.

Program Pelatihan orang tua merupakan salah satu program dan kegiatan yang melibatkan orang tua murid di sekolah. Program yang satu ini beda dengan program parenting yang telah ada.

Diadakannya pelatihan ini untuk menyamakan suhu dalam pola asuh terhadap anak. Sehingga diharapkan orang tua murid juga melakukan pola pengasuhan yang sama seperti yang dilakukan di sekolah.

Kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh orang tua di sekolah. Materi yang disampaikan dalam PPOT juga tak sama setiap levelnya. Setelah menerima materi PPOT, orang tua akan diajak untuk observasi di kelas-kelas selama kurang lebih sepuluh menit. Untuk melihat bagaimana proses belajar sang anak.

Saat observasi, orang tua murid hanya mengamati dan tidak diperkenankan mengajak bicara anak maupun guru. Dan satu lagi tidak diperkenannya mengambil gambar atau memfoto kegiatan anak, hal ini bertujuan agar tidak menganggu fokus anak.

Setelah melakukan observasi, orang tua murid berbagi peryataan maupun pertanyaan seputar apa yang telah didapat dari hasil mengamati belajar anak. Nara sumber akan menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh orang tua siswa.

***

Pembentukkan karakter anak sangat diperlukan dalam kehidupan di masa mendatang. Mengajarkan anak untuk bisa survive di kehidupannya kelak bukanlah perkara yang mudah, apalagi dengan berbagai akses informasi yang mudah didapat. Diharapkan kedepannya anak dapat memilah informasi yang baik untuk dirinya.

Untuk itu kerjasama dan peran orang tua sangat diharapkan. Sekolah sebagai fasilitator juga memerlukan dukungan dengan peran aktif orang tua. Sehingga diharapkan tujuan dari pendidikan dapat terwujud.

Sumber foto : Koleksi pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar