Puisi dan Makna

Puisi adalah bagian dari sastra yang mudah sekaligus sulit. Setiap orang bisa menulis puisi karena arti dari puisi itu sendiri adalah rangkaian kata yang ditulis indah. Sehingga, mudah sekali menulis sebuah puisi. Namun, memaknainya bisa jadi sulit, karena selain ditulis indah, puisi pun memiliki makna mendalam yang disimpan oleh penulisnya. Mungkin, 10 orang yang menulis puisi, 9 di antaranya tidak tahu makna puisi yang ditulisnya. Oleh karena itu, perlu penghayatan untuk bisa memahami makna yang terkandung dalam sebuah puisi.

Buku puisi sudah banyak beredar di mana-mana. Beberapa penerbit ada yang menerima naskah berbentuk puisi. Tentunya, buku puisi tidaklah asing di telinga pembaca apalagi penulis. Tapi, puisi bermakna?? Buku kategori ini terdengar asing di telinga kebanyakan penulis apalagi pembaca. Jarang sekali atau mungkin belum ada buku puisi yang disertakan dengan maknanya. Karena, puisi jika sudah diserahkan pada pembaca adalah milik pembaca, mau dibawa ke mana mau dimaknai seperti apa oleh pembaca.

Buku saya “50 Sajak Jiwa” berbentuk puisi dan makna. Dimana konsep buku ini dibuat dua sisi bolak balik. di sisi pertama khusus puisi dan sajak sebanyak 50 tulisan. Di sisi yang lain dibahas tentang makna yang terkandung dalam puisi yang ditulis.

Nah, buat Anda para penulis maupun penerbit, konsep baru ini bisa juga diterapkan loh. Sebagai alternatif baru membaca puisi sekaligus maknanya.

Selamat memaknai puisi… 🙂

rumahmedia/alfafa

2 comments

Comments are closed.