RAMADHAN DAN ALQURAN

RAMADHAN DAN ALQURAN

Oleh Puji Yuli

Bulan Ramadhan penuh berkah, rahmat dan ampunan. Bulan penuh makna bagi kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkan nya Alquran. Dimana, Al-quran itu sebagai petunjuk bagi manusia agar bisa mencapai keberkahan dalam hidup. Bulan Ramadhan itu bisa menjadi bulan yang mulia bagi umat muslim karena adanya Nuzulul Qur’an yaitu peristiwa diturunkan Alquran oleh Allah SWT.

Ramadhan dan Alquran itu sesuatu yang sangat berharga dan bermakna bagi umat manusia khususnya umat muslim. Pada bulan Ramadhan, kaum muslimin semakin bersemangat untuk membaca tadarus Alquran di masjid. Selain itu, kaum muslimin semakin bersemangat untuk menuntut ilmu Islam dan Alquran agar bisa menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah untuk meraih pahala dan keutamaan malam lailatul qadar dengan Alquran.

Dimana, Al-quran berisi petunjuk hidup untuk hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan dirinya sendiri maupun hubungan manusia dengan manusia yang lainnya. Al-quran itu berisi kabar gembira dan peringatan bagi manusia agar bisa menjalani kehidupan dengan terikat pada Islam secara kaffah. Apabila manusia khususnya kaum muslimin mau menjadikan Islam dan Alquran dalam hidup maka Allah SWT akan memberikan pertolongan dan keberkahan dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, Ramadhan dan Alquran itu saling terkait bagi umat manusia khususnya umat muslim. Mari kita berlomba lomba di 10 hari terakhir bulan Ramadhan tahun ini untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup. Mari kita gemar membaca Al-Quran dan mentadaburi Alquran dengan semangat mengkaji Islam tanpa tapi dan tanpa nanti. Ini kita lakukan dengan penuh keihlasan dan benar agar mengapai keridhaan Allah SWT dunia akhirat. Aamiin Ya Allah SWT.

Pujiyuli/rumahmedia

Tinggalkan Balasan