Ramadhan Istimewa di Tengah Pandemi

Ramadhan Istimewa di Tengah Pandemi

Endah Sulistiowati

Dir. Muslimah Voice

Allah berfirman di surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”


Di tengah gempuran pandemi Covid-19 tiba-tiba Ramadhan telah datang. Gegap gempita menyambut Ramadhan hanya bisa dilakukan di dunia maya. Dari satu teleconference ke teleconference yang lain. Dari WAG satu ke WAG lain. Semua serba online, semua serba dengan kuota. Tidak ada pelukan hangat saudara, kerabat, ataupun sahabat.

Bahkan, permintaan maaf dan silaturahmi hanya bisa disambung secara virtual. Yaa Rob…hanya sedikit nikmat yang engkau cabut. Namun, rasanya telah Engkau timpakan himpitan dan kesempitan kehidupan. Keluh-kesah berbaur dengan istigfiar tidak henti-hentinya meluncur dari lisan hamba-hamba-Mu.

Ramadhan, ooh Ramadhan. Ampuni kami yaa Rahman, yaa Rahim. Suka cita kami menyambut bulan suci-Mu harus tergusur pandemi. Kebebasan kami bersimpuh di masjid-masjid-Mu pun harus dibatasi.

Tidak berlebihan jika kami menyebut Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan Istimewa. Karena tidak pernah terbayang kami akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ditengah ancaman pandemi.

Setidaknya ini menjadi bahan renungan bagi kami di Indonesia. Beginilah puasa saudara-saudara kami di Palestina, Suriah, Yaman, ataupun di daerah-daerah konflik yang lain bedanya mereka terancam oleh senjata, bom, atau apalah yang sewaktu-waktu datang memporak-porandakan semuanya.

Mungkin, Allah lagi meminta hak-Nya, munkin kita yang alpha selama ini. Ya Rob, ampuni kami, semoga kami lulus di Ramadhan Istimewa tahun ini. Aamiin.

RumahMediaGrup/endahsulis123