Role Model Untuk Anak

Role Model Untuk Anak

Oleh: Ribka ImaRi

Bunda tak hiraukan pandangan orang di sekitar saat bunda lap-lap bersihkan sisa makanan yang berserak dan yang tercecer. Bunda cuma peduli untuk luruskan niat demi jadi role model buat Tyaga dan Jehan. Agar selalu merapikan meja makan setelah selesai makan, dimana pun berada.

Ya, malam itu kami sedang makan malam salah satu restoran di pusat perbelanjaan, satu-satunya mall di Kota Purwokerto.

Bunda tetap lakukan kebiasaan seperti biasa dirumah ataupun dimanapun kami makan. Bunda sudah melakukan hal yang sama saat makan bareng sahabat SMA Eka Rosalin Damayanti Manik waktu kami makan di Mc’D dulu semasa putih abu-abu tahun 1999. Jadi kebiasaan ini sudah tertanam sejak 20 tahun lalu. Warisan bapak mamaku.

Bunda terbiasa lap-lap meja, menumpuk piring dan mengumpulkannya berjejer rapih bersama gelas-gelas. Sambil memberi nasihat panjang lebar untuk Tyaga Jehan. “Sebaiknya tidak pernah tinggalkan meja dalam keadaan belum beres”

Saat berdiri hendak meninggalkan meja, tak lupa untuk merapikan kursinya dengan di dorong masuk ke dalam bawah meja. Lalu bunda jepret sebentar untuk mengabadikannya dalam foto. Tak lupa bunda memberi contoh dengan mengucap terimakasih dan senyum kepada pelayan restoran. Sebagai pelajaran yang terdokumentasikan dalam kenangan manis untuk Duo ImaRi-ku Tyaga Jehan. Agar selalu meninggalkan meja makan dalam keadaan rapih setelah selesai makan, di manapun berada.

Merapikan apapun bukan untuk orang lain, tapi untuk kedamaian diri sendiri. Karena sudah membantu pekerjaan orang restoran/house keeper hotel/penjaga toilet dan lain-lain. Kalau dilakukan dengan kesadaran penuh untuk kebaikan diri, ini adalah salah satu cara membuat hati kita sendiri jadi lebih bahagia.

#NubarSumatera
#ChallengeMenulis
#Day11
#28Januari2019