Cloud Hosting Indonesia

Sajian Jukut Kacang Panjang Kalas

Sajian Jukut Kacang Panjang Kalas 

Saat menghadiri undangan pernikahan orang Bali biasanya tersaji hidangan ayam betutu, ayam sisit bumbu merah, sate lilit, telur rebus dibelah dua lalu diberi sambal di atasnya (telur balado), dan jukut kacang panjang kalas. 

Jenis masakan yang terakhir yaitu jukut kacang panjang kalas atau sayur kacang panjang bumbu kalas ini benar-benar melengkapi menu lain yang berunsur hewani. Sayur kacang panjang dipadu dengan kuah santan yang kental dan pedas, rasanya gurih saat di santap.

Selain mengisi meja hidangan acara perkawinan, menu jukut kacang panjang kalas ini bisa kita sajikan juga di rumah, murah biayanya dan tidak ribet mengolahnya.

Sebelum kita tahu cara membuatnya, mari cari tahu dulu info tentang si kacang panjang.

Kacang panjang adalah salah satu sayuran yang tidak mengenal musim. Hal ini karena kacang panjang siap panen saat memasuki hari ke 45 sejak penanaman bibit bijinya. 

Sebagai sumber protein yang baik, kacang panjang memiliki kandungan vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium dan mangan.

Sementara itu, menurut USDA National Nutrient database, nilai gizi yang terkandung di dalam kacang panjang mentah per 100 gram adalah, 47 kalori, 50 gram lemak total, 0 gram kolesterol, 8 gram karbohidrat total atau 2% dari nilai harian yang dibutuhkan, 3 gram protein atau 5% dari nilai harian yang dibutuhkan, serta 4mg natrium atau 0% dari nilai harian yang dibutuhkan.

Kandungan yang ada di kacang panjang ternyata banyak juga ya, dan pastinya bermanfaat buat tubuh kita.

Selain dapat dimakan mentah oleh sebagian orang, kali ini kita olah menjadi masakan khas Bali, Jukut Kacang Panjang Kalas.

Bumbu sederhana untuk olahan kacang panjang ini disebut suna cekuh alias bawang putih dan kencur, tidak memakai base genep yang mendominasi masakan khas Bali.

Bahan dan cara membuatnya :

Bahan utama : ½ kg kacang panjang dipotong sepanjang 15 cm, lalu direbus sampai setengah matang (jangan sampai empuk). Didinginkan. Setelah dingin, disuwir atau disobek-sobek.

Bumbu yang diperlukan :

  1. Siapkan bumbu Sambal Embe. Silakan buka link berikut : https://rumahmediagrup.com/2020/01/16/sambal-embe-yang-murah-dan-mudah/
  2. Santan kental dari setengah butir kelapa.
  3. Bumbu halus yang terdiri dari 2 buah kemiri, 2 cm kunyit, 4 potong kencur, 5 siung bawang putih, garam secukupnya, penyedap rasa bila suka secukupnya. Beri 2 lembar daun salam saat memasak kuah santannya.
  4. Bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak, lalu masukkan santan kental, masak hingga mendidih dan matang. Angkat dan dinginkan.

Cara menyajikan :

Ada yang menyebut sayur ini dengan nama Jukut Bejek, karena saat menyajikannya, kacang panjang ini dibejek dahulu dengan sambal embe, baru dituang santan kentalnya secukupnya dan diaduk rata. Bisa ditaburi bawang merah goreng di atasnya, sebagai pemanis.

Jukut kacang panjang kalas siap disantap dengan nasi hangat atau ketupat, ditemani sate lilit ikan atau ayam.

 

Sumber pustaka : https://www.indonesia.go.id/ragam/komoditas/ekonomi/bukan-sayur-biasa-ini-manfaat-kacang-panjang-bagi-kesehatan. Diakses terakhir tanggal (01 Februari 2020)

 

rumahmediagrup/hadiyatitriono