Mengenal Salah Satu Sistem Aplikasi di Perpustakaan

Di Perpustakaan Sekolah kami menggunakan Sistem Aplikasi Slims Psenayan 8.3.1 (akasia).

Sistem ini memberikan banyak kemudahan kepada para pustakawan khususnya dalam melakukan administrasi perpustakaan.

Langkah pertama ketika akan memulai kegiatan ini nyalakan komputer. Kemudian klik ikon xampp yang merupakan simbol khusus yang akan digunakan pustakawan dalam memulai pekerjaannya di Perpustakaan.

Setelah itu Klik Star tombol maka dilanjutkan dengan langkah mengklik buka laman internet untuk disambung meskipun masih localhost. Setelah itu akan muncul tampilan isian :
Nama Pengguna : ………………………………
Password : ………………………………

Di isi khusus oleh Petugas Perpustakaan. Maka aplikasi dapat terbuka dengan berbagai menu tampilan sesuai isian data yang akan digunakan.

Di sini saya tidak membahas secara keseluruhan, hanya mengambil kegiatan terpenting yang sering digunakan khususnya di Perpustakaan dalam pengadministrasian data sehari-hari.

Pertama Menu KEANGGOTAAN. Dimana petugas perpustakaan atau pustakawan memasukan data anggota yang masuk menjadi anggota perpustakaan. Otomatis dapat menampilkan kartu anggota yang dapat di cetak langsung. Atau bila ingin lebih keren mengunakan kertas print kartu semacam eKTP.

Kedua Menu BIBLIOGRAFI. Dimana kegiatan ini merupakan inventarisi pendataan koleksi baru yang datang ke Perpustakaan sekaligus sebagai kegiatan katalogisasi, yaitu Mulai dari input data Judul Buku, Pengarang, Edisi, Eksemplar, Deskripsi Buku, penerbit, tahun terbit, dan jangan lupa seorang pustakawan harus mahir dalam menentukan jenis subjek buku sehingga akan muncul kode barcod yang nantinya digunakan dalam peminjaman buku oleh pemustaka (peminjam anggota perpustakaan).

Setelah itu Bibliografi akan menampilkan data koleksi yang ada di perpustakaan, ini semacam buku induk perpustakaan, namun tersimpan pada sistem aplikasi setelah kegiatan input data selesai.

Selanjutnya Menu SIRKULASI. Menu ini digunakan ketika proses peminjaman dan pengembalian buku koleksi oleh anggota. Bahkan bisa untuk data memperpanjang jangka waktu peminjaman buku yang dipinjam anggota.

Lalu Menu PELAPORAN, biasanya dilihat apabila ingin mengetahui :
1. Pelaporan
– Statistik Koleksi
– Laporan Peminjaman
– Laporan Anggota
2. Laporan Lain
– Rekapitulasi
– Daftar Judul
– Daftar Judul Eksemplar
– Statistik Penggunan Koleksi
– Daftar Anggota
– Daftar Peminjaman Anggota
– Sejarah Peminjaman
– Daftar Keterlambatan
– Aktifitas Staf
– Statistik Pengunjung
– Daftar Pengunjung
– Laporan denda

Menu terakhir yaitu KELUAR. Dimana kita akan mengakhiri semua aktifitas pengadministrasian perpustakaan dalam satu hari.

Kemudian menutup kembali Xampp dengan klik stop pada dua menu di dalamnya, aman untuk mematikan komputer.

Foto : dokumentasi pribadi