Sambal Bongkot Penggugah Selera Makan

Sambal Bongkot Penggugah Selera Makan

Aroma bongkot yang baru saja di iris menguar. Bahan-bahan untuk membuat sambal bongkot sudah disiapkan. Eits … sebelum lanjut, pembaca sudah tahu atau belum, apa itu bongkot?

Di Bali, kami mengenal dengan nama Bongkot. Itu adalah nama lain dari kecombrang atau honje. Bunganya dikenal dengan nama Kecicang. Kecombrang memiliki aroma yang khas seperti sereh. Selain itu, dilansir dalam laman Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram kecombrang segar mengandung:

Energi sebanyak 34 kalori

6,7 gram karbohidrat

2,6 gram serat

1 gram lemak

60 mg kalsium

16 mg fosfor

1 mg zat besi

650,6 mg kalium

47 mg natrium

Bongkot dapat digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan. Untuk kesehatan, misalnya memiliki luka luar, bisa dengan membalurkan perasan bagian terdalam batangnya. Begitu juga bila terserang batuk, dapat meminum air perasan bagian dalam batang.

Untuk orang-orang yang kurang nafsu makannya, bisa memanfaatkan tanaman ini. Salah satunya diolah menjadi sambal.

Tadi saya sudah menyiapkan bahan-bahannya, yaitu :

– 4 batang bongkot atau kecicang

– Cabe rawit sesuai selera pedasnya

– 5 buah Bawang merah

– Garam dan gula secukupnya

– Terasi sedikit ( bila tidak suka bisa diabaikan)

– Penyedap rasa bila suka

Cara membuatnya :

  1. Kupas bagian luar batang bongkot, ambil hingga terlihat bagian dalam yang putih dan lentur. Kemudian diiris kecil memanjang dan dicacah. Kalau kecicang dibelah menjadi empat, baru dicacah. Selesai mencacah, beri garam secukupnya lalu diremas sampai lemas dan dicuci.
  2. Bawang merah dan cabe rawit diiris tipis.
  3. Siapkan wajan penggorengan, isi minyak 3 sendok makan. Masukkan bongkot yang sudah dicuci ke dalam minyak panas, beri air sedikit, tumis hingga air habis dan bongkot matang, lalu angkat.
  4. Masukkan minyak kembali, goreng bawang merah, cabe rawit dan terasi. Setelah tercium aroma harum bawang merah, masukkan tumisan bongkot/kecicang tadi. Beri garam, gula dan penyedap rasa. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan matang.
  5. Pindahkan sambal bongkot ke wadah dan siap dinikmati.

Sambal bongkot siap menjadi teman nasi hangat dan bisa ditambah dengan lauk perkedel jagung, ayam goreng, atau ikan pindang goreng. Dijamin nambah dan nagih!

rumahmediagrup/hadiyatitriono

One comment

Comments are closed.