Sambut Hujan Dengan 11 Persiapan

Sambut Hujan Dengan 11 Persiapan

Pergeseran datangnya musim hujan di Indonesia membuat terlena. Karena hujan tak kunjung datang saat ini, namun bisa turun kapan saja. Meskipun ada perkiraan cuaca yang bisa memprediksi kapan akan turun hujan.

Bulan November adalah identik dengan sebutan November rain. Namun sangat berbeda dengan kondisi saat ini. Bulan November sudah datang dan hampir berlalu, tapi hujan masih enggan turun.

Jika hujan turun, maka harus disambut dengan persiapan-persiapan. Masih bingung harus melakukan persiapan apa saja saat menyambut hujan.

Simak sebelas persiapan berikut ini ya :

1. Melihat dan memastikan kondisi atap rumah (genting, plafon, saluran air atas). Biasanya sering terjadi genteng agak bergeser ke bawah. Kondisi plafon rumah yang sudah rapuh seringkali tidak disadari.
Dengan melihat kondisi genting, plafon, saluran air atas diharapkan bisa memperbaiki jika terjadi kerusakan. Jika dalam kondisi baik-baik saja, setidaknya sudah tahu kondisi terakhir atap rumah.

2. Persiapan kedua yang dilakukan adalah membersihkan halaman rumah (samping, depan, belakang), selokan air limbah rumah tangga dan memastikan tidak ada wadah atau barang yang bisa menampung air hujan, kemudian tergenang. Hal tersebut untuk meminimalisir kembang biak jentik nyamuk.

3. Memastikan lubang angin-angin rumah atau ventilasi sebagai kegiatan persiapan ketiga. Kondisi ventilasi harus tetap dipastikan bisa berfungsi dengan baik. Saat ventilasi rumah dalam kondisi baik maka sirkulasi udara serta kelembaban rumah bisa terjaga dengan baik juga.

4. Memastikan kebersihan setiap sudut ruangan. Kegiatan ini walaupun kegiatan rutin harian namun tetap dipastikan lagi karena tidak menutup kemungkinan ada bagian rumah yang belum terjamah saat kegiatan harian.

5. Memastikan perabot rumah dalam keadaan aman dari gangguan kelembaban. Perabot rumah dari bahan kayu rawan gangguan kelembaban dari bawah tanah.

6. Persiapan keenam ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu menjaga kesehatan tubuh dengan menu makanan sehat serta siap siaga pertolongan pertama saat ada gangguan kesehatan. Pertolongan pertama bisa berupa obat-obatan ringan dan telepon pusat kesehatan atau tenaga kesehatan terdekat.

7. Menyiapkan jas hujan atau payung. Sering terlupa taruh jas hujan atau payung di mana dan akhirnya beli lagi. Dari pengalaman tersebut agar bisa berhemat sebelum turun hujan, dipersiapkan jas hujan dan payungnya.

8. Persiapan alat kebersihan seperti sapu, alat pel, keset, dan lainnya, dipastikan tersedia di rumah saat musim hujan. Kerena kebutuhan alat ini lebih banyak digunakan saat musim hujan tiba.

9. Pengelolaan limbah rumah tangga harus lebih diperhatikan. Pengelolaan limbah mulai dari pemilahan limbah basah, dan limbah kering, sampai dengan cara pemusnahan limbah kering.

10. Saat musim hujan tiba, seringkali listrik padam. Sebagai persiapan kita sediakan lampu darurat, lilin, atau alat penerangan non listrik lainnya.

11. Jika posisi tempat tinggal kita berada dalam daerah rawan bencana. Misalnya bencana banjir, longsor dan sejenisnya, maka wajib hukumnya mendapatkan akses update informasi dari pihak terkait tentang kondisi keamanan di daerah yang ditinggali saat ini.

Kesebelas persiapan di atas, semoga bisa bermanfaat saat menyambut musim hujan tiba, sehingga bisa lebih aman, nyaman dan sehat pastinya.

rumahmediagrup/nikmabasyar

Repost :

https://zerowastefashiononline.wordpress.com/2019/11/13/sambut-hujan-dengan-persiapan/

3 comments

Comments are closed.