SEDEKAH (INFAK)

SEDEKAH (INFAK)

Oleh Puji Yuli

Sedekah (infak) merupakan amal shalih yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada manusia. Wujud dari sedekah atau infak itu bisa berupa zakat, sedekah, hibah, hadiah ataupun yang lain. Sedekah ini disebutkan dalam ayat Alquran seperti dalam QS Al Baqarah :3).

Allah SWT dan Rasul-Nya pun senantiasa mendorong kita untuk banyak bersedekah alias berinfak di jalan-Nya secara ikhlas dan benar. Kita harusnya ingat bahwa syarat diterima amal perbuatan kita selama hidup di dunia ini hanya ada dua syarat. Dimana, syarat itu adalah yang pertama perbuatan itu dilakukan secara tulus ikhlas hanya mengharapkan ridho Allah SWT. Yang kedua, perbuatan itu dilakukan secara benar sesuai dengan petunjuk Alquran dan Assunnah.

Sedekah alias infak itu bisa berupa menyantuni fakir miskin, melakukan wakaf untuk pembangunan masjid ataupun taman pendidikan Alquran. Kita harus senantiasa ingat bahwa sedekah alias infak itu termasuk amal jariyah yang pahalanya senantiasa mengalir kepada kita walaupun kita sudah meninggal dunia. Hal itu harusnya menjadi semangat dan motivasi kita untuk giat bekerja keras secara halal agar bisa bersedekah alias berinfak.

Kita sebagai manusia melakukan sedekah alias infak itu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan rahmat yang diberikan kepada kita. Ingatlah bahwa kalau kita senantiasa bersyukur atas rahmat Allah SWT maka hidup kita akan sentiasa diberkati dan diberikan tambahan nikmat oleh Allah SWT. Selain itu, dengan kita melakukan sedekah alias infak itu bisa menolong saudara muslim dari kesulitan dan kesusahan . Kita harus senantiasa memahami bahwa manusia hidup itu harus tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Hal ini perlu dilakukan karena manusia itu makhluk individu dan makhluk sosial.

Semoga adanya tulisan ini bisa senantiasa mengingatkan kita tentang arti penting dari sedekah alias infak. Semoga kita bisa melakukan sedekah dengan ikhlas dan benar agar bisa menjadi amal jariyah yang pahalanya senantiasa mengalir kepada kita walaupun kita sudah meninggal dunia. Amiin ya Allah SWT.

Puji Yuli /rumahmedia