Serunya untuk Pertama Kali Ujian Akhir Semester menggunakan PAS Online di Sekolah Menengah Kejuruan

Ada yang membuat suasana ricuh di hari pertama pelaksanaan ujian akhir seme

ster di tingkat sekolah menengah kejuruan. Namun bukan sebuah aktivitas yang merugikan tetapi justru ini adalah suatu perubahan yang sangat terlihat mencolok dengan adanya ujian secara online menggunakan perangkat handphone atau android dikalangan para siswa.

Dengan adanya aplikasi yang digunakan saat ini untuk pertama kalinya di Sekolah Menengah Kejuruan di semua tingkatan kelas jurusan, untuk dapat melaksanakan ujian penilaian di akhir semester menggunakan android, maka inilah juga yang pertama kali menjadi suatu upaya kemajuan luar biasa, sangat memberikan kemudahan bagi siswa pada khususnya, sekaligus juga memberikan sedikit kelonggaran bagi pendidik dalam hal merekap nilai hasil yang dapat di cek secara langsung melalui aplikasi online.

Adapun kemudahan ini maka secara kasat mata pun dapat pula memberikan adanya tanggapan yang kurang mendukung khususnya dari para siswa yang mungkin tidak memiliki gadget atau handphone sesuai sesuai spek yang di inginkan saat ujian berlangsung.

Menurut salah seorang guru yang juga tim panitia penyelenggara ujian menyatakan bahwa adanya sedikit permasalahan human error atau dari sistem itu sendiri khususnya bagi peserta.

Diantaranya dapat mengetahui apabila :

○tidak dapat klik tombol (next)
○tidak dapat klik tombol jawaban
○tidak tampil soal atau picture
○tidak dapat klik tombol send (submit/kirim) setelah selesai dan mengirim seluruh jawaban
○jika menggunakan kartu paket chat
○jika menggunakan kartu selain yang teruji signal jaringan

Maka jalan keluar yang dapat dijadikan solusi yaitu matikanlah data seluler dan alihkanlah jaringan ke WiFi terdekat atau bisa juga ganti kartu provider yang teruji dan stabilitasnya terjamin lancar.

Tim panitia penyelenggara merasa terbantu dengan adanya aplikasi PAS Online ini karena sangat membuat mudah dalam pengawasan yang secara langsung dilakukan oleh para guru yang di beri tugas sesuai jadwal yang telah di berikan.

Dengan koordinasi yang baik semua pihak maka kontroversi tidak te.rlalu terlihat karena lebih condong mengejar perubahan yang lebih mantap dan maju untuk bergerak ke arah tujuan masyarakat milenial.