Menata Koleksi Buku di Rak (Shelving)

Ilmu tentang perpustakaan begitu luas. Salah satu yang ingin saya bagikan disini, yaitu tentang penataan koleksi buku perpustakaan di rak.

Sebetulnya dalam hal ini, memang harus hati-hati, karena akan memberikan kemudahan atau bahkan sebaliknya.

Dalam pencarian kembali buku yang disimpan di rak, ketika ada pemustaka yang menginginkan buku sesuai dengan apa yang diinginkan, pustakawan dituntut memberikan kemudahan itu.

Menyusun koleksi di rak (shelving) sesuai dengan kode panggil (call number) yang telah dibuat oleh pustakawan, merupakan kegiatan wajib yang bisa sangat menyenangkan.

Sebetulnya shelving ini akan sangat memberikan kemudahan ketika akan mengambil kembali koleksi yang dibutuhkan

Dengan tidak seenaknya menyimpan koleksi buku di rak oleh pengguna, akan memudahkan pengambilan kembali.

Maka kebanyakan, pemustaka sangat heran dan bahkan terkagum-kagum, apabila pustakawan sangat mengetahui letak posisi koleksi bahan pustaka yang dicari.

Hal ini dijadikan sesuatu yang wajib, dengan pemberian call number sesuai subjek buku-buku tersebut. Sehingga dengan mudah pustakawan melakukan pencarian koleksi yang dicari tersebut.

Hal ini sangat membutuhkan ketelatenan, apalagi dalam penentuan subjek buku dilihat dari isi dan judul koleksi tersebut.

Pustakawan akan menentukan di subjek mana buku koleksi tersebut akan di simpan dan di susun di rak.

Kegiatan ini sangat menyenangkan, namun karena sistem yang digunakan sistem terbuka, dalam arti pemustaka mengambil sendiri koleksi di rak, maka terkadang ketika menyimpannya kembali tidak sesuai dengan penyimpanan awal atau lupa.

Sehingga pemustaka kadang menyimpannya kembali di rak seenaknya. Hal ini yang justru menyulitkan pengambilan kembali ketika buku tersebut dicari.

Diharapkan, jikalau tidak mengetahui dimana seharusnya menyimpan kembali koleksi di rak oleh pemustaka, sebaiknya menanyakan langsung kepada petugas perpustakaan.

Sumber : BMP. PUST2134. Pengolahan Bahan Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka, 2011

Foto : dokumentasi pribadi