Si Manis Gurih Dari Manado

::Klapertart::

Penganan khas Sulawesi Utara ini sudah masuk dalam daftar 30 Makanan Khas Nusantara lho!

Siapa yang suka dengan kue ini? (Saya sudah pasti suka!)

Klapertart berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Termasuk pula ke dalam penganan berkalori cukup tinggi.

Kue ini merupakan akulturasi dari bangsa Belanda dan penduduk Manado pada saat Belanda masih mendiam di Manado.

Terdapat beberapa macam cara memasak Klapertart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan Klapertart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue tart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Karena kue ini termasuk dalam jajaran makanan yang berkalori tinggi, maka ada pengusaha Klapertart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya.

Beberapa jenis Klapertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klapertart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Klapertart merupakan ikon daerah Sulawesi Utara (Manado). Saat ini Klapertart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original.

Dan saya lebih suka Klapertart original. Di daerah asalnya Klapertart sangat mudah didapatkan.

Salam manis di Kamis sore yang manis, dari saya yang manis.

rumahmediagroup/afafaulia18

One comment

Comments are closed.