SMP Islam Al Irsyad Cilacap Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri

SMP Islam Al Irsyad Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri

Setelah berhasil menerima penghargaan Adiwiyata Nasional pada 6 Desember 2019 lalu, SMP Islam Al Irsyad Cilacap mempersiapkan diri untuk maju ke Adiwiyata Mandiri.

Sebagai Ketua Tim Adiwiyata, Titi Sudiarti, S. Pd, berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya bersama tim Adiwiyata SMP Islam Al Irsyad Cilacap.

Tim Adiwiyata SMP Islam Al Irsyad Cilacap menerima penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2019

Persiapan administrasi meliputi EDS (Evaluasi Diri Sekolah), IPMLH (Identifikasi Permasalahan Lingkungan Hidup), Dokumen Satuan KTSP, serta Rencana Perilaku Ramah Lingkungan Hidup.

Ada pun kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain: Kebersihan, Sanitasi, dan Drainase; Pengelolaan Sampah; Penanaman, Pemeliharaan, Pembibitan; Konservasi Air; Konservasi Energi; Inovasi; dan Aksi Lingkungan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Tim Adiwiyata SMP Islam Al Irsyad Cilacap bersiap untuk melakukan Aksi Lingkungan Bersih

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, apabila ingin menyandang predikat Adiwiyata Mandiri, maka sekolah harus membina minimal dua sekolah binaan Adiwiyata.

Sri Murtini, S.Pd selaku Waka Kurikulum menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan Adiwiyata di sekolah, diharapkan dalam diri siswa akan tertanam perilaku cinta dan ramah pada lingkungan kapan dan di mana pun berada.

Salam Lestari,

Cilacap, 24 Maret 2021
Winda Damayanti