Speak Up

Speak Up

Berdasarkan pengalaman mendampingi orang tua, ketika mamih harus dirawat di rumah sakit, maka hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penanganan dan tindakan medis secara tepat adalah keterlibatan kita sebagai keluarga pasien untuk menyampaikan pendapat.

Sebagai anggota keluarga yang terdekat dengan pasien, kita bisa menjembatani komunikasi antara pasien dan dokter beserta tim perawatan. Mungkin saja pasien dalam keadaan tidak sadar atau tidak mampu menyampaikan keluhannya. Disinilah fungsi kita untuk mengutarakan kepada tim dokter, mengenai sakit yang diderita pasien. Jangan pernah takut untuk membicarakan kekhawatiran atau bertanya jika ada hal yang tidak paham. Kita juga harus bisa menceritakan secara detail mengenai keadaan pasien. Hal ini akan membantu tim dokter untuk mendiagnosis.

Sampaikan juga pada tim medis, mengenai riwayat medis pasien. Jelaskan pengobatan apa yang telah dilakukan sebelumnya. Termasuk jenis obat rutin yang dikonsumsi pasien, jika ada. Biasanya tim dokter juga akan menanyakan hal tersebut, maka sebaiknya kita ingat atau mencatat jenis obat rutin. Jika kita tidak hafal, ada baiknya kita bawa saja ke rumah sakit, semua obat-obatan rutin pasien.

Jangan lupa informasikan apabila ada alergi yang diderita pasien. Kekeliruan pemberian obat mungkin saja terjadi karena kemungkinan tubuh pasien rentan terhadap kandungan obat. Untuk itu kita sendiri harus sampaikan mengenai alergi yang ada pada pasien, tidak hanya alergi terhadap obat-obatan. Jika pasien memiliki kepekaan terhadap bahan makanan, beritahu kepada tim perawatan atau ahli gizi. Sehingga menu makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Sebagai pendamping pasien sebaiknya kita memperhatikan baik-baik setiap tindakan medis yang dilakukan tim medis. Pastikan penanganan yang diberikan kepada pasien sesuai prosedur. Diskusikan hasil diagnosa dan tes medis bersama tim dokter, sampaikan pendapat kita, agar keputusan bersama tercapai demi rencana medis yang akan dilakukan selanjutnya. Fokus utama dalam setiap tindakan perawatan adalah pasien. Untuk itu, speak up, sampaikan pendapatmu!

rumahmediagrup/gitalaksmi

3 comments

Comments are closed.