Syarat dan Ketentuan Writing Challenge Web: Rumah Media Grup, NuBar – Nulis Bareng, Website Binaan RMG

Syarat dan Ketentuan Writing Challenge Web: Rumah Media Grup, NuBar – Nulis Bareng, Website Binaan RMG

Semangat pagi, Sob Rumedia. MinKer akan meembahas lebih lanjut terkait Writer Challenge Rumedia. Cek SnK di bawah ini ya!

SYARAT POSTING:

1. Tempat Posting

Tempat untuk posting tulisan chalenge adalah di web resmi www.rumahmediagrup.com dan www.nubarnulisbareng.com. Jadi, Sohib harus terdaftar dulu sebagai penulis di dua website tersebut. Tergabung di grup WhatsApp tim penulis web untuk mendapatkan info-info untuk tema postingan yang ditentukan.

Bagi anggota NuBar Rumedia yang belum terdaftar sebagai penulis web, tenang saja. Bisa ikut challenge menulis di website binaan RMG. Ada 11 website binaan yagn bisa dijadikan untuk tempat posting. Nama-nama web dan pengelolanya akan diinfokan di grup WA tim penulis web. SnK mengikuti SnK Rumedia.

2. Tema Posting

Tema posting dibagi dua. Bebas dan ditentukan.

Untuk tema bebas ada dua kategori: kategori tetap dan kategori segar. Untuk tema ditentukan akan diinfokan di grup WA tim penulis web.

Tema bebas kategori tetap adalah tema pilihan peserta yang ditetapkan sendiri: tema apa (persahabatan, cinta, motivasi, quote, pendidikan, dll), jenis tulisannya (cerpen, puisi, pantun, kumpulan quote, motivasi, agama, dll), dan jenis sastra (fiksi, puisi, nonfiksi). Tujuan penentuan tema bebas kategori tetap adalah, setiap peserta setelah menulis 4 bulan, akan menghasilkan minimal 1 buku, nantinya bisa diterbitkan di mana saja. Jumlah posting: Seminggu minimal 1x.

Tema bebas kategori segar adalah tema yang muncul secara tiba-tiba atau ide segar. Jadi, bisa menulis apa saja yang terlintas di pikiran dan langsung dituliskan di web. Tujuannya supaya ide tersebut tidak hilang, karena biasanya, ide yang muncul tiba-tiba itu ide yang bagus dan kondisi pikiran dalam keadaan semangat menulis. Jumlah posting: Seminggu minimal 1x.

Tema ditentukan adalah tema yang harus dituliskan oleh setiap peserta karena tema ini yang akan menjadi penilaian khusus untuk mengantongi predikat Juara 1, 2, 3. Setiap minggu, admin akan menentukan tema yang harus ditulis. Tujuan tema ditentukan adalah mengasah kemampuan peserta dalam menggali ide yang diberikan. Sehingga, peserta akan terbiasa menulis dengan berbagai macam tantangan. Jumlah posting: Seminggu minimal 1x.

3. Aturan Posting

Aturan posting mencakup beberapa aturan baku yang wajib diikuti.

Menentukan pengaturan tulisan:

  • Menjadwalkan postingan. Penjadwalan minimal untuk terbit satu hari ke depan. Misal, menulis hari Rabu untuk dijadwalkan pada hari Kamis, Jumat, Sabtu atau minggu depannya. Penjadwalan ini bisa disiapkan untuk tema bebas, jadi peserta bisa sibuk satu hari menulis untuk 1 minggu hingga 4 bulan ke depan. Sedangkan, penjadwalan tema ditentukan adalah untuk satu minggu saja. Biasanya setiap hari Senin ditentukan tema: misal, tentang persahabatan. Maka penulis menjadwalkan untuk hari Selasa hingga Minggu (batas akhir setiap minggunya).
  • Mencentang kategori wajib: [x] Latihan Menulis Komunitas, [x] Tantangan Menulis [x] tema bebas atau tema ditentukan(pilih salah satu).
  • Mencentang kategori tambahan: Kategori yang sesuai dengan isi tulisan, misal cerpen, puisi, artikel, dll. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Semakin banyak tulisan peserta ada di berbagai kategori, semakin besar peluang pembaca menemukan tulisan peserta.
  • Memasukkan gambar utama/unggulan. Gambar utama diperlukan untuk menarik pembaca membuka tulisan peserta. Gambar pendukung pun bisa dimasukkan ke dalam konten tulisan (jika diperlukan: tidak wajib).

Minimal posting:

Dalam seminggu minimal 3x memposting tulisan, dimasukkan ke kategori tantangan menulis. Ketentuan 1x tema bebas kategori tetap, 1x tema besar kategori segar, 1x tema ditentukan. Artinya jadwal menulis masih tidak terlalu berat, karena ketentuan baku menulis di web itu 2x seminggu, nambah satu tulisan lagi, jadi 3x seminggu untuk tantangan menulis kali ini. Tidak memberatkan, kan?

Waktu Posting:

Jadwalkan postingan untuk hari Senin – Minggu, penjadwalan ditentukan dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Naskah akan diedit terlebih dahulu setiap harinya oleh admin.

4. Penilaian

Setiap tulisan yang terjadwal akan diedit ulang oleh admin untuk menjaga kenyamanan pembaca online juga melestarikan tata bahasa yang baik dan benar sesuai EYD/PUEBI dan KBBI. Minimal naskah enak dibaca.

Nilai Wajib: Setiap naskah tema ditentukan akan dinilai secara penuh oleh admin, untuk mendapatkan juara 1, 2, dan 3. Dilihat dari segi kesesuaian tulisan dengan tema yang ditentukan, kerapian tulisan dari EYD/PUEBI dan KBBI, tulisan yang meminimalisir typo: (Contoh typo: tulisan disingkat (yg, dgn, mgkin, gpp, gamama, dll). Tulisan tidak lengkap (adakh, mungknkh, dll) Tulisan huruf terbalik (pegri, pualng, astu, dll)

Nilai plus: Semua naskah yang diterbitkan akan dinilai sebagai bahan pertimbangan pemenang dan hadiah tambahan.

5. Hadiah:

Akan dipilih 3 besar pemenang hadiah utama berupa piala dan sertifikat juara, buku dan notebook mini Rumedia. Berikut rinciannya:

Hadiah Utama:

  1. Piala juara 1, 2, dan 3.
  2. Sertifikat cetak juara 1, 2, dan 3.
  3. Buku: 5 eks juara 1, 4 eks juara 2, 3 eksemplar juara 3.
  4. E-Sertifikat (sertifikat Digital) 20 besar.
  5. Notebook mini @5 eks Untuk seluruh pemenang (Juara 1, 2, 3).

Hadiah Tambahan:

  1. Hadiah mingguan 1 eks buku dan 1 eks Notebook mini untuk 1 penulis terpilih(dalam 1 minggu). Akan diseleksi dari seluruh website dengan tulisan yang muncul di topten dalam 1 minggu.
  2. Hadiah bulanan @1eks buku untuk 10 penulis terpilih (dalam 1 bulan). Akan diseleksi dari seluruh website dengan tulisan yang muncul di topten dalam 1 bulan.
  3. @1 Voucher gratis penerbitan untuk 20 penulis terpilih (Juara 1 hingga 20). Nominal voucher berbeda tiap pemenang, akan diumumkan di website Rumah Media Grup.

(Catatan: Hadiah Challenge berupa buku dan notebook mini tidak bisa dipilih, sesuai stok yang ada. Bisa konfirmasi stok saat mendapatkan hadiah)

Total hadiah Challenge: Rp. 3.000.000,- + 20 Voucher gratis penerbitan.

Ayo, manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan Anda dalam menulis, dan menangkan hadiah-hadiah menarik yang sayang kalau dilewatkan.

Salam Semangat Literasi!

Rumah Media Grup

Cerdas Membangun Bangsa

6 comments

  1. Assalamualaikum, ikut NUBAR belum genap sebulan. Tentang penjadwalan masih belum paham. Lola: belajar lama pandainya, saat bisa cepat nguap, lupa akhirnya.

Comments are closed.