Taat Aturan Sekolah Taat Pula Aturan Orangtua, sebagai Bukti Bakti Terhadap Mereka

Hari pertama masuk sekolah, setelah selama dua Minggu waktu liburan semesteran diisi kegiatan yang menyenangkan dengan keluarga tentunya.

Selain banyak pula yang benar-benar liburan ke luar kota, banyak juga yang cukup hanya menghabiskan waktunya bersama keluarga di rumah.

Tak perlu bersedih hati, syukuri saja setiap langkah yang terisi berjuta arti di dalam liburan kali ini.

Enyahkan malas, singkirkan lelah. Setiap siswa telah menghabiskan sisa liburan mereka, untuk kembali ke aktivitas rutin dan wajibnya dalam menuntut ilmu pengetahuan dan agama.

Agar kita mendapatkan bermacam keberkahan dari setiap langkah dan do’a yang kita tebar dan taburkan dalam aktifitas kita, maka sudah menjadi keharusan kita mentaati setiap peraturan yang sudah disepakati untuk menjadi bagian dari warga sekolah.

Namun selain taat pada aturan sekolah, kitapun juga harus berlaku seimbang dalam aktifitas berbakti terhadap orangtua di rumah.

Aturan yang ada biasanya memang sedikit mengikat bahkan kita harus mengikuti alur yang diharuskan atau dilarang sehingga kita mengetahui dengan seksama, apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan.

Hal yang menjadi pertama kali membuktikan bakti kita terhadap orangtua, tentu dengan berbakti dan berbuat baik terhadap orangtua.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara berbakti kita dalam memperlakukan orang tua kita, sebagai perluasan dari bakti terhadap orangtua.

Keutamaan-keutamaan berbakti terhadap orangtua itu yaitu :

1. Amalan yang pertama kali di utamakan, yaitu berbakti terhadap orangtua. Sebagaimana buruknya kondisi orangtua atau bahkan sebaliknya, kita sebagai seorang anak harus berbakti terhadap orang tua.

2. Rida Allah tentunya tergantung bagaimana Rida orangtua terhadap anaknya. Maka kita haruslah sentiasa memberikan porsi terbaik dalam hal bakti terhadap orangtua, bagaimana kita berbuat baik sesuai keharusan yang memang diwajibkan kepada kita sebagai serang anak.

3. Dengan kita berbakti justru akan memberikan kita jalan dari kesulitan yang sedang kita alami, sehingga memudahkan kepada kita membalikan kesulitan itu menjadi sebuah kemudahan. MasyaAllah, dengan selalu memberikan kebaikan terhadap orangtua semoga senantiasa hidup kita dipenuhi oleh do’a-do’a terdahsyat mereka, dan membuat hidup kita selalu dalam naungan keberuntungan-Nya.

4. Akan diberikan keluasan rezeki dan umur yang panjang dalam keberkahan. Dengan selalu menjalin kedekatan silaturahmi dengan mereka, karena merekalah keluarga terdekat yang kita punya.

5. Akan menggapai surganya Allah, apabila kita sebagai anak yang berbakti kepada orangtua, senantiasa taat dalam kebaikan tentunya. Berbakti kepada orangtua salah satunya adalah sebagai jalan menuju surga. Aamiin…

Sumber : Surga yang Terlupakan, oleh @cintaislamselamanya. Wahyu Qalbu, Jakarta 2018.

foto : dokumentasi pribadi