Tanah Kelahiran

Oleh : Hamni Azmi

Liburan ke suatu tempat yang indah bersama orang-orang tercinta tentu adalah hal yang sangat membahagiakan. Melepaskan diri dari rutinitas harian yang biasa dilakukan. Membebaskan hati dari tugas-tugas yang menghabiskan waktu kita.

Tempat yang selalu menjadi favorit saya sejak kecil hingga kini adalah tanah kelahiran. Tempat yang selalu membuat hati rindu untuk kembali dan kembali ke sana. Apalagi karena jarak tempuh yang cukup jauh dan memerlukan waktu, biaya yang cukup banyak membuat saya tidak selalu bisa mengunjungi tempat itu.

Tempat masa kecil saya hingga usia 8 tahun, hidup dan bergaul dengan orang-orang di sana. Belajar membaca, menulis, berhitung, mengaji, menghafal alquran. Ahhh selalu merindukan tanah kelahiran.

Merindukan makanan minuman di masa kecil, sambosa, syaksyuk, sandwich, roti dan kacang pul nya, kentang goreng dengan sambal syattah, magli, nasi samin, benar-benar tak dapat dilupakan.

Selalu basah netra ini saat mengingat dan merindunya hati untuk bisa kembali ke sana.
Dan selalu berdoa semoga Allah mudahkan untuk mengunjungi tanah kelahiran.

Dua tahun lalu saya kembali bersama mama dan adik-adik. Kami melakukan napak tilas perjalanan masa kecil dulu. Mencicipi makanan di masa lalu.

Alhamdulillah, setelah tahun 2010 bersama suami mengunjungi tempat ini, Allah kasih kesempatan di tahun 2018 ke sana bersma Mama dan adik-adik. Sayang Babah tidak lagi bersama kami mengunjungi kota perjuangan beliau dalam menuntut ilmu.

Dan Alhamdulillah Januari 2020 tadi kembali mengantarkan saya, kali ini bersama suami dan anak-anak mengunjungi tanah kelahiranku. Sungguh kebahagiaan yang tidak terkira. Dan syukur yang sangat mendalam.

Masya Allah tabarakallah.

Tanah kelahiranku yang selalu menjadi tempat wisata terbaikku.

Makkah Almukarramah

20.02.2020

Rumah Media Grup / Hamni Azmi