Terapi Alam Terbuka untuk Mental yang Lelah

Terapi Alam Terbuka untuk Mental yang Lelah

Hati ini merasa hampa saat melakukan pekerjaan atau aktivitas yang tidak kita sukai, tapi tetap dilakukan karena tuntutan hidup. Saat melakukan ini, mungkin semua kebutuhan secara materi terpenuhi, tetapi jauh di dalam hati sangat membenci kehidupan seperti ini. Itu sebabnya, kita selalu merasa kosong, depresi, dan tidak benar-benar bahagia.

Ya, memang sebagian orang melakukan suatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi sebagian lagi adalah orang-orang yang mengetahui dengan pasti apa yang dilakukannya sehingga dalam hidupnya selalu merasa bahagia. Bahagia dalam arti yang sesungguhnya. Inilah perbedaan satu dengan yang lainnya. Kita tidak menjalani hidup yang benar-benar disukai dan hingga kini masih terjebak di dalamnya.

Akhirnya kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri di rumah. Alhasil, kita tidak pernah melihat indahnya lingkungan di luar gedung atau rumah.

Salah satu terapi yang mampu menyembuhkan kondisi terpuruknya seseorang selain mindfulness yaitu ecotherapy atau green therapy. Sejumlah studi memperlihatkan adanya manfaat dari kegiatan bernama ecotheraphy atau green theraphy ini, untuk menyembuhkan depresi atau stress yang dialami seseorang.

Patricia H Hasbach, PhD, seorang psikoterapis dan ekoterapis berlisensi di Eugene, Oregon, mengatakan bahwa alam memberikan kita istirahat dari jam-jam pengarah perhatian yang melelahkan secara mental seperti waktu yang dihabiskan untuk fokus pada pekerjaan, dan layar komputer kita, dan juga mengemudi.

Kita bisa memulainya dengan lingkungan yang paling dekat dengan keseharian hidup kita yaitu berkebun. Banyak orang yang memanfaatkan sebagian waktunya dengan menanam di lahan yang sempit dan memakai polybag, atau menata pot tanaman di halaman teras rumah. 

Sekali waktu kita bisa melakukan perjalanan ke tempat yang asri, alami, dan penuh nuansa alam yang hijau. Kebun raya, persawahan, atau bukit-bukit wisata yang ada. Di antara pepohonan hijau, jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan terhindar dari polusi, rasakan nuansa berbeda dengan keseharian yang membuat kita stress.

Terapi di alam terbuka memberikan efek rasa segar dan menenangkan hati dan pikiran. Sempatkanlah diri untuk bisa beraktivitas di luar ruangan.

rumahmediagrup/hadiyatitriono