Ternyata Hari Anti Korupsi Internasional Diperingati Setiap Tanggal 9 Desember









Ternyata Hari Anti Korupsi Internasional diperingati setiap tanggal 9 Desember. Wah, apakah teman-teman sudah tahu tentang info yang satu ini.

Baik, akan saya kupas satu per satu mengenai sedikit sejarah kenapa tanggal 9 Desember diperingati Hari Anti Korupsi dengan skala internasional, artinya mendunia.

Korupsi adalah tindakan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Tindakan korupsi ini terjadi karena beberapa faktor faktor yang terjadi di dalam kalangan masyarakat. Faktor internal merupakan sebuah sifat yang berasal dari diri kita sendiri.


Dilansir dari laman Anti-Corruption Clearing House (ACCH) milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Konvensi PBB tentang anti korupsi diadopsi dalam Sidang Majelis Umum ke-58 melalui Resolusi Nomor 58/4 pada tanggal 31 Oktober 2003.

Penyusunan perjanjian tersebut bermula ketika Majelis Umum PBB dalam sidang ke-55 melalui Resolusi 55/61 pada 6 Desember 2000 memandang perlu merumuskan instrumen hukum internasional terkait anti korupsi.

Majelis Umum kemudian membentuk komite ad hoc yang bertugas merundingkan draf perjanjian.

Akhirnya dibutukan waktu selama dua tahun bagi komite yang diisi oleh negara-negara anggota PBB itu untuk merampungkan penyusunan draf tersebut. Luar biasa. Ternyata tak mudah menyatukan suara antar negara anggota PBB hingga akhirnya perjanjian ini rampung juga.

Perjanjian tersebut ditandatangani di Merdia, Meksiko pada 9-11 Desember 2003. Nah, karena itulah akhirnya tanggal 9 Desember ditetapkan sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. (Sumber: Kompas)

Nah, di negara Indonesia pun sudah melaksanakan peringatan hari spesial ini. Terlebih sudah ada lembaga yang bertanggungjawab terhadap yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan saat ini, masih berlangsung serangkaian acara yang diselenggarakan oleh KPK hingga tanggal 13 Desember mendatang.

Semoga saja, Indonesia negara kita tercinta bisa benar-benar terbebas dari praktik korupsi, yaa. Amiinn.







rumahmediagrup/emmyherlina