THE SANTRI BISAKAH JADI TELADAN????

THE SANTRI BISAKAH JADI TELADAN???

Oleh Puji Yuli

Baru baru ini kita dihadapkan adanya informasi tentang film terbaru yaitu The SANTRI. Tentunya kita dan para remaja penasaran banget dengan film tersebut. Apakah film the SANTRI bisakah menjadi teladan???. Apakah film itu bisa memberikan pelajaran positif terkait moral, akhlak maupun pelajaran agama Islam yang baik berbasis pada Alquran???

Ternyata kalau kita bisa melihat dan mencermati film the santri itu bisa memberikan kita pelajaran berharga.

Dimana dari film The Santri kita akan mengetahui tentang nilai-nilai pluralisme yang dibungkus dengan kemasan Islam. ari film The Santri kita juga akan mengetahui tentang kebebasan pergaulan muda-mudi yang dibungkus dengan pesantren. Kalau isi dan pesan yang disuguhkan dari film The Santri seperti ini, kita sebagai generasi muda patut bertanya apakah the santri bisakah menjadi teladan???

Padahal santri yang saya ketahui itu identik dengan murid pesantren yang senantiasa berakhlaqul karimah sesuai tuntunan Alquran. Santri itu yang menghormati pada guru dan kyai, semangat menuntut ilmu agama Islam dan berusaha untuk terikat dengan syariat Islam dalam kehidupannya.

Kalau kita lihat bahwa kehidupan santri di pesantren itu identik dengan hafalan Alquran, belajar kitab fiqih, belajar ilmu hadist. Terlebih lagi, dalam kehidupan santri di pesantren itu harusnya jauh dari khalwat, pacaran maupun bebas dalam bertingkah laku. Apalagi pacaran Islami. Dalam pesantren diajarkan tentang pergaulan sesuai syariat Islam yang melarang perzinahan alias pacaran islami laki laki dan perempuan tanpa adanya ikatan suci pernikahan.

Oleh karena itulah, kita harusnya bijaksana dalam menyikapi film the santri ini. Kita sebagai generasi muda tidak boleh langsung mengaplikasikan semua yang ada dalam film itu tanpa melakukan filter alias menyaring apakah the santri itu bisa jadi teladan??? Apakah the santri itu sesuai dengan pendidikan pesantren yang berbasis pada Alquran dan ajaran Islam??? Agar kita bisa bijaksana dalam bersikap dan mengambil pelajaran dari film The Santri ini.

Puji/rumahmedia