Tips Manajemen Waktu (Bagian 2)

Tips Manajemen Waktu (Bagian 2)

Demi waktu. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam keadaan merugi. Kecuali mereka yang beramal sholeh. Yaitu mereka yang saling menasihati dalam kebaikan, dan mereka yang saling menasihati dalam kesabaran.” (QS. 103 Al-Ashr: 1-3)

Semoga kita tidak termasuk orang yang merugi. Karena itu penting mengelola waktu dengan baik. Agar kita senantiasa disibukkan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Saya merasa beruntung karena tercipta sebagai seorang wanita. Makhluk ‘multitasking‘ yang bisa mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Maka seharusnya membuat manajemen waktu itu tidak sulit.

Sesibuk apapun, manajemen waktu yang baik membuat kita memiliki waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif. Nah, bagaimana caranya membuat manajemen waktu yang baik untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Ini dia tipsnya :

1. Membuat manajemen waktu secara tertulis
Menulis dengan rapi dan detail jadwal aktivitas harian. Lengkap dengan waktu mengerjakannya. Dari bangun tidur sampai malam menjelang tidur kembali.

2. Membuat ‘to do list
Mencatat semua aktivitas yang akan dilakukan setiap hari secara tertulis. Menulis dengan detail pada malam hari sebelumnya. Satu-persatu hal yang harus dikerjakan untuk keesokan harinya.

3. Buatlah manajemen waktu jadwal kegiatan sesuai skala prioritas
Perhatikan efektivitas waktu juga. Manajemen waktu itu bisa diperbaharui sesuai dengan kegiatan setiap hari. Karena setiap hari urutan prioritas dan kegiatan selalu berubah.

Baca tentang cara menyusun skala prioritas di sini :

Tips Manajemen Waktu (Bagian 1)

4. Menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat atau sia-sia
Di antaranya adalah ‘ngerumpi’, menonton acara TV yang isinya gosip, serta kegiatan-kegiatan serupa.

5. Disiplin dan konsisten menjalankan manajemen waktu
Tanpa kedua hal tersebut, ‘to do list’ hanya sebuah coretan di atas kertas belaka.

6. Berkomunikasi dengan anggota keluarga tentang kegiatan kita
Jangan ragu mengkomunikasikan jadwal kita dengan suami dan anak. Agar mereka dapat memahami kapan-kapan saja pembagian waktu yang sudah kita sediakan. Baik untuk urusan keluarga maupun untuk urusan lainnya.

7. Kerjasama
Tugas di rumah adalah tugas yang bisa dikerjakan bersama seluruh anggota keluarga. Delegasikan pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan oleh suami atau anak.

Yuk, kita lebih semangat menjalankan manajemen waktu dengan komitmen untuk mematuhinya. Agar semua urusan kita bisa berjalan dengan lancar. Keluarga terurus, bisnis dan pekerjaan lainnya jalan terus, insyaAllah.

Ditulis ulang dan disunting seperlunya dari :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10157908731087847&id=748347846

rumahmediagrup/arsdiani