Tips Menghilangkan Kecanduan Gadget Pada Anak

Tips Menghilangkan Kecanduan Gadget Pada Anak

Miris sekali! Beberapa bulan belakangan ini, pasien anak yang mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan gadget semakin meningkat.

Sebagaimana dilansir dari Liputan6.com, Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat menyatakan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun ini, pihaknya mulai melakukan perawatan pasien anak yang mengalami gangguan kejiwaan karena dipicu oleh penggunaan gawai (gadget).

Masih dengan kasus yang sama, delapan anak berusia 7-15 tahun terpaksa harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo, Kota Semarang, Jawa Tengah, karena terindikasi kecanduan gawai.

Hal tersebut seharusnya menjadi perhatian yang serius untuk para orang tua, mengingat dampak negatif dari penggunaan gadget bagi anak-anak sudah sangat mengkhawatirkan. Maka untuk menanggulangi masalah kecanduan gadget, sebaiknya orang tua dapat lebih bijak dalam menggunakan gadget.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu orang tua untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak, yaitu:

1. Berikan batasan waktu kepada anak.

Dalam hal ini, orang tua harus tegas dan tidak membiarkan anak terlalu asik bermain gadget. Disiplin waktu penggunaan gadget juga harus benar-benar diterapkan.

2. Berikan buku bacaan dan mainan alternatif.

Buku bacaan yang menarik serta mainan edukatif dapat mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget. Sehingga, perlahan anak akan mulai terlepas dari gadget-nya.

3. Luangkan waktu untuk anak.

Meluangkan waktu untuk bermain bersama anak, akan membuat ikatan antara orang tua dan anak terjalin dengan baik. Sehingga, anak akan mulai terlepas dari gadget-nya karena anak tidak merasa kesepian dan tidak merasa kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

4. Biarkan anak bermain di luar.

Pada umumnya, orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah karena ingin melindungi anak dari berbagai hal buruk yang akan menimpanya. Namun, sebaiknya orang tua memberikan waktu untuk anak bermain di luar bersama teman seumurannya dan tetap dalam pengawasan orang tua. Sehingga, anak bisa melupakan gadget-nya karena asik bermain dengan teman-temannya dan tetap terlindungi dari berbagai hal buruk karena tetap dalam pengawasan orang tua.

5. Batasi jaringan internet di rumah.

Sambungan internet yang mudah akan mendukung anak untuk semakin mencintai dunia mayanya. Oleh karena itu, orang tua harus membatasi jaringan internet di luar kebutuhan.

6. Sibukkan waktu kegiatan anak.

Berikan kesibukan yang bermanfaat untuk anak, seperti: les bahasa Inggris, les bernyanyi, les musik dan lain sebagainya. Sehingga, anak tidak memiliki banyak waktu kosong yang membuatnya bosan dan memilih bermain gadget sebagai pelariannya.

7. Berdiskusi dengan anak.

Diskusikan dan beri pemahaman yang logis kepada anak tentang bahaya yang dapat dialami bagi orang yang telah kecanduan gadget.

8. Ajaklah anak untuk bermain dengan mengenali alam sekitarnya.

Ajak anak untuk bermain dan menikmati pemandangan alam sekitar ketika pekerjaan kita telah selesai. Biarkan anak mengeksplor alam sekitarnya tanpa takut kotor. Puaskan rasa ingin tahu anak dengan berinteraksi langsung dengan alam, namun tetap dalam pengawasan orang tua.

9. Berikan motivasi dan reward kepada anak ketika berhasil mengurangi frekuensi bermain gadget-nya.

10. Ajaklah anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Orang tua dapat mengajak anak untuk berkunjung ke rumah teman-teman sekolahnya atau mengundang mereka untuk berkunjung ke rumah kita. Karena dengan memiliki banyak teman, anak akan memiliki kesibukan baru dan bisa lupa dengan gadget-nya.

11. Pastikan ketika belajar ataupun bermain, anak tidak memegang atau membawa gadget-nya.

Demikian tips untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.alodokter.com/ini-ciri-ciri-kecanduan-gadget-dan-tips-menanggulanginya

(Diakses 14 November 2019)

https://riau.antaranews.com/berita/134027/delapan-anak-kecanduan-gawai-dirawat-di-rs-jiwa

(Diakses 14 November 2019)

Sumber gambar: google search

rumahmediagrup/decirizkahayulubis