Tips Mudah Berbicara Bahasa Inggris (bag.2)

Tips Mudah Berbicara Bahasa Inggris  (bag.2)

Jika Anda Seorang Pembelajar Bahasa Inggris, Anda Harus Baca Ini:

5. Coba beberapa Tongue Twisters

Tongue Twisters adalah serangkaian kata-kata yang sulit diucapkan dengan cepat, misalnya:

“The thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursday.”

Tongue twister akan menantang anda untuk mengucapkan kata tersebut dengan benar.
Berbagai contoh pronunciation dengan tongue twisters :
*1. Pengucapan ‘C’

Chester Cheetah chewed a chunk of cheap cheddar cheese.


*2. Pengucapan ‘B’ dan ‘E’

The big black bug bit the big black bear,
but the big black bear bit the big black bug back!


*3. Pengucapan ‘W’ and ‘SH’

While we were walking, we were watching window washers wash Washington’s windows with warm washing water.


*4. Pengucapan ‘S’ and ‘SH’

Sally sells sea shells by the sea shore. But if Sally sells sea shells by the sea shore then where are the sea shells Sally sells?


*5. Pengucapan ‘P’

Peter Piper picked a peck of pickled peppers. How many pickled peppers did Peter Peter pick?

https://kampunginggris.biz/pronunciation-dengan-tongue-twisters/

Coba ucapkan contoh tadi beberapa kali, tidak mudah!. Permainan kata-kata seperti ini akan membantu anda menemukan penempatan yang pas di mulut dan lidah anda, dan bahkan bisa membantu pelafalan anda. Anda bisa menemukan daftar sederet Tongue Twisters disini.

6. Dengar dan ulangi

Apakah anda menonton acara TV dan video YouTube berbahasa Inggris?. Gunakan mereka untuk meningkatkan kelancaran berbicara anda. Pilih satu bagian pendek dari pertunjukannya dan ulangi baris per baris. Cobalah untuk mencocokkan nadanya, kecepatan, dan bahkan aksennya (jika anda mampu). Tidak masalah jika anda ketinggalan beberapa kata, yang terpenting adalah terus berbicara. Coba mensuarakannya seperti pembicara asli dalam acara tersebut.

7. Perhatikan tekanan suara

Bahasa Inggris menggunakan tekanan-tekanan dalam kata-kata dan kalimat-kalimat. Itu berarti anda akan perlu memberikan tekanan atau menekankan pada kata-kata dan suku kata tertentu, untuk menjadikan kata-kata tersebut berbeda makna. Dengarkan ketika pembicara asli menempatkan tekanan ketika mereka berbicara. Cobalah mengulanginya dengan cara yang sama.

Ini tidak hanya akan membantu anda bicara dengan baik, bahkan bisa mengurangi kesalahpahaman. Kadang-kadang penempatan tekanan pada suku kata yang salah, bisa merubah kata seutuhnya. Kata ADdress, misalnya, tidak sama dengan kata adDRESS, ADdress mengarah pada letak fisik dimana seseorang tinggal, dan adDRESS berarti berbicara secara formal pada sekelompok orang. Pelajari untuk mendengar perbedaannya.

8. Menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Bernyanyi lagu favorit berbahasa Inggris akan membantu anda menjadi lebih fasih. Sekali anda bisa menyanyikan lagunya Taylor Swift dan Jason Mraz, anda bisa menguji ketrampilan anda dengan sesuatu yang sedikit lebih sulit, nge-rap lah!.
Rap adalahcara hebat berlatih bahasa Inggris karena seringnya kata-kata diucapkan seperti kalimat-kalimat biasa dan teratur. Akan tetapi seorang rapper menggunakan ritme dan kecepatan yang lebih kuat. Beberapa kata mungkin tidak bermakna, tetapi jika anda bisa bertahan dengan rapper, maka anda berada pada cara anda untuk menjadi fasih.

(Bersambung)

rumediagrup/isnasukainr

2 comments

Comments are closed.