Tips Mudah Berbicara Bahasa Inggris (bag. 3_selesai)

Tips Mudah Berbicara Bahasa Inggris ( bag. 3_selesai)

9. Pelajari bentuk kata dan kosa kata baru.

Banyak latihan terjadi, bahkan sebelum anda membuka mulut. Jadikan berbicara lebih mudah dengan mempelajari bentuk- bentuk yang berbeda dari kata, yang  seharusnya juga anda lakukan ketika belajar kosa kata baru. Misalnya, jika anda baru saja belajar kata ‘write’, maka seharuanya anda juga mempelajari bentuk lainnya, yaitu ‘wrote’ dan ‘written’.
Mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan kata di setiap jenis kalimat itu penting.
Pengetahuan ini akan membantu ketika anda berbicara. Anda tidak harus berhenti memikirkan kata-kata yang lain – anda akan mengetahuinya dengan tepat kapan perlu menggunakan kata tersebut ketika anda bicara.

10. Pelajari frasa, bukan kata.

Bahkan ide yang lebih baik adalah mempelajari frasa kata, bukan hanya kata. Anda mungkin sedang menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang benar, tetapi ini masih belum seperti bagaimana seorang pembicara asli akan mengucapkannya.
Sebagai contoh, anda bisa berkata “how do you feel today?” tetapi pembicara asli mungkin mengucapkan sebagai gantinya dengan, “how’re you doing?” atau “what’s up?”. Frasa dan ungkapan-ungkapan bisa membantu anda kedengaran lebih natural ketika anda bicara.

11. Pelajari yang paling umum anda ucapkan.

Gunakan beberapa saat untuk benar-benar memperhatikan bagaimana anda bicara dalam bahasa asli anda.
Kata dan frasa apa saja yang paling sering anda gunakan?. Pelajari bagaimana mengatakan frasa bahasa Inggris anda yang paling umum anda gunakan.
Mengenali mereka dalam bahasa Inggris anda, akan membantu berbicara sebaik seperti yang anda lakukan dalam bahasa asli anda.

12. Persiapkan untuk situasi tertentu.

Apakah anda belajar bahasa Inggris untuk alasan tertentu? Misalnya, apakah anda belajar bahasa Inggris supaya bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang berbahasa Inggris?. Dalam hal ini, berlatih bahasa Inggris akan membantu dalam sesi wawancara. Apakah anda belajar bahasa Inggris supaya anda bisa berteman dengan orang Amerika?. Jadi anda memang memerlukan jenis bahasa Inggris yang berbeda.
Sebelum anda pergi ke suatu tempat dimana anda harus bicara bahasa Inggris, anda bisa berlatih apa yang mungkin harus anda katakan. Jika anda sedang bersiap ke restoran, percakapan seperti apa yang mungkin terdengar di restoran?.
Menjawab pertanyaan pelayan yang mungkin menanyai anda. Cobalah berbicara tentang makanan dan menu-menunya. Anda akan merasa lebih percaya diri jika anda siap!.

13. Rileks!.

Anda bisa menjadi penolong terbaik atau musuh terburuk ketika belajar bicara dengan lancar!. Kita tau ini berat, tetapi anda harus mencoba tidak khawatir tentang bagaimana anda terdengar ketika bicara. Rileks saja!.
Jika anda terhenti dan bingung, tarik nafas dalam-dalam dan mulailah. Bicaralah lebih lambat jika memang perlu. Butuh waktu untuk berhenti dan memikirkan kalimat anda selanjutnya.
Lakukan apapun untuk menjadikan lebih nyaman ketika berbicara bahasa Inggris.

14. Menceritakan kisah dari bahasa anda ke dalam bahasa Inggris.

Disinilah cara yang menyenangkan untuk menguji seberapa bagus bahasa Inggris lisan anda berkembang. Pilih sebuah kisah yang anda ketahui dengan baik dan ceritakan dalam bahasa Inggris.
Ingat untuk bepikir dalam bahasa Inggris ketika anda sedang menceritakan kisah anda. Ucapkan setiap kata yang harus terdengar oleh anda.
Bahkan jika anda tidak ada seorangpun untuk diajak berbincang dalam bahasa Inggris, anda masih bisa membangun kepeecayaan diri anda  sendiri.
Dalam beberapa cara, ketika berlatih berbicara bahkan lebih mudah anda lakukan sendiri.
***

~diterjemahkan dari FB Isnaini Nasuka Rahmawati, 20 Januari 2020, 07.00 a.m~

rumahmediagrup/isnasukainr