Tips Praktis di Dapur untuk Penanganan Telur

Tips Praktis di Dapur untuk Penanganan Telur

Telur adalah bahan makanan yang selalu ada di rumah. Anak kecil hingga orang dewasa menyukai makanan berbahan telur, walaupun hanya diolah sederhana, ceplok, dadar atau mungkin hanya direbus saja.

Tidak salah bila telur menjadi makanan favorit hampir semua orang, karena selain sebagai sumber protein, telur juga mempunyai banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Kandungan gizi yang banyak dimiliki telur inilah, maka telur banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. (sumber : hellodokter.com)

Bagi kita kaum emak yang sehari-harinya menyajikan masakan untuk keluarga, mari simak beberapa tips seputar telur.

  1. Menentukan kesegaran telur.

Segar atau tidaknya telur, dapat dicek dengan merendamnya dalam air garam. Jika tenggelam berarti telur masih segar, tapi sebaliknya bila mengambang, telur tersebut sudah tidak segar lagi. Penyebabnya adalah semakin lama umur telur, semakin besar kurangnya kantong udara sehingga telur akan semakin ringan.

2. Menyimpan Telur.

      Simpan telur dalam kulkas pada rak terdekat dengan freezer, bukan pada rak telur di pintu kulkas. Hal ini disebabkan suhu pada rak telur di pintu kulkas tidak terlalu dingin. Jika membeli telur pada boks telur, simpan bersama dengan boksnya, bisa juga dalam wadah tertutup untuk mengurangi penguapan. Pastikan posisi ujung telur yang runcing berada di bawah, untuk menghindari kerusakan kantong udara.

3. Membekukan Telur.

Telur yang akan disimpan dalam waktu lama harus disimpan dalam freezer. Caranya, keluarkan dahulu isi dari cangkangnya, bisa disimpan bersama atau terpisah antara putih dan kuningnya.

Aduk telur sebelum disimpan, tambahkan garam atau gula pada kuning telur yang akan dibekukan terpisah. Hal ini dimaksudkan agar kuning telur tidak terlalu terpisah dan tidak terlalu kental setelah dibekukan. Simpan dalam kemasan kedap udara dan beri label. 

Lelehkan telur pada refrigerator selama semalam, sebelum digunakan.

4. Memisahkan Putih dan Kuning Telur.

Sumber : halodoc.com

Di zaman sekarang memang telah tersedia alat pemisah telur, namun bila belum memilikinya, dapat menggunakan cara berikut ini. 

Siapkan dua wadah untuk putih dan kuning telur. Pecahkan telur dengan mengetukkannya pada pinggiran mangkuk. Pastikan retakannya pada bagian tengah cangkang. Pegang kedua pecahan kulit telur tadi dengan kedua tangan. Pindahkan berulang-ulang isi telur dari kedua pecahan kulit sambil menumpahkan sedikit demi sedikit bagian putih telurnya sampai yang tertinggal hanya bagian kuningnya. Lakukan semuanya di atas wadah putih telur, untuk menampung tumpahannya. Terakhir baru pindahkan kuning telur ke wadah lain yang telah disiapkan.

5. Membedakan antara Telur Matang atau Telur Rebus dengan Telur Mentah.

Di dalam kulkas, kita terkadang menemukan telur yang secara fisik bersih dan mulus, sehingga secara kasat mata susah menebak apakah itu masih mentah atau sudah matang. Untuk mengujinya, lakukan hal mudah berikut ini. 

Putarlah telur di meja atau lantai yang halus dan rata. Telur yang matang akan berputar lancar atau jauh lebih mudah daripada telur mentah.

6. Menyimpan Putih Telur.

Sumber : pinterest.com

Cara praktis menyimpan putih telur sisa dalam freezer dapat kita lakukan dengan menuangkannya dalam cetakan es batu , kemudian bekukan. Setelah beku, ambil bongkahan es putih telur tersebut, dan masukkan dalam plastik serta simpan kembali di freezer. 

Jika ingin menggunakannya, keluarkan dari freezer dan simpan semalam di refrigerator sampai mencair. Dua sendok makan putih telur cair, sama dengan satu putih telur segar.

7. Merebus Telur.

sumber : haibunda.com

A. Telur setengah matang 

             Gunakan telur bersuhu normal, jika telur baru keluar dari kulkas, taruh dahulu di suhu ruang selama +- 30 menit sebelum di rebus. 

Isi panci dengan air secukupnya, naikkan ke kompor. Sambil menunggu air mendidih, lubangi bagian telur yang tumpul dengan pin, agar kulit telur tidak pecah ketika direbus. Masukkan telur ketika air sedikit mendidih, kecilkan api saat air mendidih dan mulai menghitung waktunya. Rebus telur yang besar selama 4 menit untuk mendapatkan kuning telur yang masih cair, rebus 6 menit untuk hasil lebih matang. Tambahkan waktu 1 menit jika telur sangat besar, dan kurangi 1 menit untuk telur berukuran sedang.

B. Telur matang

Cara merebus telur matang lebih mudah daripada merebus telur setengah matang. Masukkan telur bersama air dingin ke dalam panci, lalu panaskan sampai air mendidih. Kecilkan apinya lalu masak selama 10 – 12 menit.

8. Mengupas Telur Matang.

Telur yang direbus, sebaiknya dipilih telur yang tidak terlalu baru, kira-kira lebih dari lima hari. Telur yang terlalu muda akan sulit dikupas. 

Setelah direbus, segera rendam telur dalam air dingin, atau siram dengan air mengalir sampai telur dingin. Perendaman dengan air dingin, akan menyebabkan terbentuknya lapisan uap antara kulit dan putih telur, sehingga memudahkan mengupas. Tambahkan 1 sdt  garam ketika direbus.

9. Kami sajikan 3 cara memasak telur praktis.

~ Telur Mata Sapi

Pilih telur yang masih segar, berumur kurang dari 5 hari untuk hasil maksimal. Gunakan penggorengan anti lengket, dan jangan menggunakan terlalu banyak minyak, cukup 1 sdm saja. 

Panaskan minyak sampai cukup panas, pecahkan telur di sisi wajan, agar telur tidak terlalu melebar. Tambahkan garam dan lada bubuk untuk menambah rasa. Goreng telur selama 1 -1,5 menit hingga putih telur memadat. 

~ Telur Dadar

Agar telur dadar lebih lembut dan mengembang, tambahkan 1 sdm susu whole milk untuk tiap butir telur, kemudian kocok hingga rata sebelum di goreng.

~ Orak Arik Telur Gurih

Orak arik ( scramble eggs) yang gurih dan lembut, bisa kita tambahkan 2 sdm susu cair atau 1 sdm krim untuk tiap 4 butir telur. Gunakan mentega saat menggoreng agar aroma dan rasanya lebih gurih.

Nah, siap untuk eksekusi telur. Mudah, murah, tapi kaya manfaat.

Sumber : Tim Dapur Naga.(2009) 199 Tips Praktis Seputar Dapur Plus 22 Resep Sambal Paling di Cari. Yogya. 9months Publishing

rumahmediagrup/hadiyatitriono