Tips Produktif Meskipun #dirumahaja

Tips Produktif Meskipun #dirumahaja

Tidak terasa sudah hampir sebulan kita dituntut untuk menghabiskan waktu lebih lama di rumah. Biasanya sekitar sepertiga bahkan separuh waktu produktif sebagian dari kita dihabiskan di luar rumah. Kini, kita “dipaksa” untuk tinggal di rumah, untuk bekerja di rumah.

Hal ini bisa jadi akan menimbulkan kebosanan. Lantas, bagaimanakah baiknya agar aktivitas di rumah tidak berujung pada kebosanan? Nah, saat #dirumahaja adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan hobi. Apalagi hobi yang bisa jadi produktif, menghasilkan uang dan membantu perekonomian keluarga.

Yang hobi masak, bisa mulai persiapan membuka usaha katering untuk buka puasa, dan ditawarkan ke tetangga, atau berjualan makanan ringan untuk berbuka puasa. Bisa juga memulai usaha kue kering untuk lebaran.

Yang hobi jahit-menjahit, ini adalah waktu yang tepat untuk membuat dan menjual kerudung, sarung, baju lebaran, dan lain sebagainya. Atau membuat kerajinan tangan cantik yang bisa ditawarkan ke orang-orang untuk bingkisan lebaran. Bisa juga membuat berbagai kreasi amplop lebaran dari bahan kain yang zero-waste dan ramah lingkungan.

Hobi menulis? Bisa nih ikutan berbagai proyek menulis buku di Rumah Media Grup. Tulisanmu akan dibaca, dan pastinya bermanfaat bagi banyak orang.

Kalau kamu hobi berkebun, manfaatkan hobimu untuk menanam berbagai sayuran dan bumbu dapur. Misalnya : terong, cabe, tomat, kangkung, bawang, dan lain-lain. Paling tidak, saat butuh sayur tinggal petik dari kebun sendiri. Kalau hasil panen dari kebun melebihi kecukupan pribadi dan keluarga, bisa dijual, atau akan lebih bermanfaat lagi jika bisa berbagi dengan tetangga yang membutuhkan.

Hobi pertukangan? Wah, bisa membuat mainan dari kayu. Selain untuk menambah koleksi mainan anak sendiri, bisa juga dijual untuk mendapatkan penghasilan.

Baca juga : Tips Anti-Bosan Selama #dirumahaja

Jadi, #dirumahaja jangan sampai bikin kamu jadi mati gaya ya. Bisa kok kita menjadi lebih produktif meskipun #dirumahaja 😊

rumahmediagrup/arsdiani