Tips Sehat dari Kebiasaan Sehari-hari

Tips Sehat dari Kebiasaan Sehari-hari

Betapa banyak dari kita ini abai terhadap kesehatan diri, kurang memerhatikan makanan apa yang kita konsumsi serta dampaknya bagi kesehatan, juga tak memedulikan pengaruh kebiasaan kita sehari-hari terhadap kesehatan. Hingga saatnya ujian sakit tiba, tinggallah penyesalan akibat kesehatan tubuh ini tak dijaga.

Kesehatan seseorang dipengaruhi oleh aktivitas sehari-harinya. Jika tidak diperhatikan dengan baik maka dampaknya kesehatan bisa terganggu. Sebenarnya langkah-langkah menjalankan gaya hidup sehat itu sederhana saja. Apa saja sih?

1. Pola makan sehat dengan gizi seimbang

Pastikan makanan yang tersaji dalam sepiring makan kita memenuhi prinsip gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Makanan pokok tidak harus melulu nasi, namun bisa diganti dengan makanan pokok lainnya seperti jagung, singkong, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi terus. Sebisa mungkin batasi konsumsi makanan olahan siap saji, dan mulailah untuk menggunakan bahan pangan alami.

2. Aktivitas fisik

Buatlah tubuh kita aktif bergerak setiap hari. Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh, juga mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

Berbagai aktivitas fisik sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari misalnya, saat menuju ruangan kantor, cobalah untuk memilih naik tangga ketimbang naik lift atau eskalator. Untuk ibu rumah tangga, aktivitas sehari-hari seperti menyapu, berkemas rumah, dan berjalan untuk belanja ke pasar merupakan aktivitas fisik yang baik juga bagj kesehatan.

3. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Jika kebutuhan istirahat tidak tercukupi tentunya akan berdampak kurang baik pada kesehatan, mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan. Pastikan jam tidur kita terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama.

4. Hindari stres

Aktivitas yang padat dan beban hidup yang yang berat, terkadang mendatangkan stres. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Gejala fisik yang dapat ditimbulkan akibat stres adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit hingga susah tidur.

Berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat kita stres. Berhentilah sebentar dari aktivitas yang sedang dikerjakan. Lakukan berbagai aktivitas lainnya yang kita senangi.

Tips hidup sehat lainnya yang sering dilewatkan untuk mengatasi stres adalah perbanyak bersyukur. Mencatat hal-hal yang patut disyukuri dapat membuat hati dan pikiran lebih tenang.

5. Berhenti merokok

Rokok adalah salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Saat batang rokok terbakar, asapnya mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang siap menghancurkan tubuh kita. Mengganggu fungsi organ hingga menimbulkan kerusakan. Sayangi diri sendiri dan keluarga dengan menghindari kebiasaan merokok.

6. Banyak minum air putih

Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh kita adalah air. Setiap harinya cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, bahkan setiap kali kita bernapas. Karena itu, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan kita terpenuhi setiap hari.

Yuk mulai menjalankan gaya hidup sehat dalam kebiasaan hidup kita sehari-hari, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Salam sehat ❤️

Ditulis ulang dari :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10157942069427847&id=748347846

rumahmediagrup/arsdiani