Tips Tidur Tepat Waktu Untuk Anak-anak

Tips Tidur Tepat Waktu Untuk Anak-anak

Heboh di pagi hari untuk membangunkan anak sekolah. Heboh di pagi hari karena orang tua bangun kesiangan. Heboh di pagi hari karena badan terasa sakit semua. Dan heboh saat anak rewel. Pekerjaan terbengkalai dan masih banyak heboh lainnya karena suatu hal. Penyebab dari semua kejadian adalah salah satunya anak tidak bisa tidur tepat waktu.

Kejadian telat bangun yang sering terulang. Pada malam hari sudah sangat lelah menanti anak tidur, namun tak kunjung tidur. Tenaga orang tua terkuras dan fokus pada anak yang belum bisa tidur di jam tidur seharusnya.

Akibat yang sering ditimbulkan karena anak tidak tidur tepat waktu adalah jadwal kegiatan orang tua terganggu, jadwal sekolah anak (jika sudah usia sekolah) terganggu, kesehatan orang tua dan anak terganggu, emosi anak dan orang tua terganggu, sehingga tumbuh kembang anak menjadi terganggu juga.

Dari beberapa akibat yang ditimbulkan, orang tua harus mempunyai upaya lebih keras untuk membuat agar anak tidur tepat waktu. Adapun upaya-upaya yang bisa dicoba bisa dibaca di bawah ini ya.

Bagaimana cara membuat anak tidur tepat waktu, kita simak berikut ini :
1. Membangun komunikasi pada anak jika sudah bisa diajak bicara
2. Jika anak masih belum bisa diajak komunikasi, tetap lakukan proses pembicaraan walau komunikasi satu arah
3. Mengevaluasi jam makan dan jam tidur anak sebelumnya, dilakukan pada jam berapa saja kebiasaan anak tidur.
4. Hasil dari evaluasi dapat diketahui pola jam tidur dan jam makan yang kurang sesuai yang perlu digeser pelaksanaannya
5. Mempersiapkan kebutuhan yang dibutuhkan anak sebelum jam tidur anak, misalnya baju tidur, tempat tidur, minuman pengantar tidur dan lain-lainnya.
6. Memberikan aktivitas yang cukup sebelum jam tidur tiba, aktivitas ini antara lain kegiatan bermain yang menyenangkan, kegiatan yang bisa menguras tenaga anak. Saat anak sudah kehabisan tenaga, dimungkinkan anak-anak akan lapar, makan dan kemudian mengantuk.
7. Membatasi istirahat siang yang dimungkinkan sebagai salah satu penyebab anak tidak bisa tidur tepat waktu di malam hari
8. Menentukan suasana yang akan dibuat, seperti tidur dalam keadaan gelap, menyiapkan lampu tidur, menyalakan musik lembut sebagai pengantar tidur, suhu ruangan, kondisi ranjang harus bersih dan nyaman
9. Komitmen seluruh anggota keluarga, di saat jam tidur telah tiba semua anggota keluarga harus melakukan prosesi yang sama demi suksesnya anak tidur tepat waktu
10. Memastikan kondisi tubuh anak bersih, biasanya rasa gerah dan tidak nyaman akan membuat sulit tidur pada anak.
11. Jika anak suka bercerita, ajaklah bicara, beri kesempatan bercerita agar anak merasa lega dengan apa yang ingin diceritakan.
12. Lakukan ritual berdoa sebelum tidur, berdoa bisa ditambah dengan bacaan-bacaan lainnya
13. Memastikan kondisi kesehatan anak baik, misal gejala sakit antara lain kembung, panas, pusing, gatal-gatal dan lainnya.
.
Cara-cara tersebut di atas bisa dilakukan secara bersamaan atau hanya salah satu atau kombinasi. Selamat mencoba ya.

(Repost Facebook.com/NikmaBasyar)

rumahmediagrup/nikmabasyar

2 comments

Comments are closed.