Sukses Try Out UN 2020 di SMK Negeri 1 Tasikmalaya

Tidak terasa waktu tetap maju bergulir. Saatnya kelas XII di semua tingkat SMK mengikuti ujian Try Out di sekolahnya masing-masing.

Tak terkecuali seluruh warga kelas XII SMK Negeri 1 Tasikmalaya-pun, wajib mengikuti ujian Try Out di 2020 ini.

Tentu persiapan-persiapan dilakukan, khususnya bagi siswa, sangat di fokuskan pada pembelajaran yang sebelumnya sudah dilakukan.

Selain itu tidak kalah pentingnya, karena sistem yang digunakan menggunakan sistem online, maka siswa pun harus memiliki atau setidaknya menggunakan android dalam pelaksanaannya.

Kegiatan yang berlangsung dua hari, mulai tanggal 29-30 Januari 2020 ini, berlangsung dengan lancar dan sukses. Tentunya berkat dukungan dari semua pihak termasuk panitia inti.

Secara umum, siswa sudah mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan, ketika akan memulai pengerjaan soal-soal ujian Try Out ini. Selain itu diharapkan semua siswa dapat memahami dan mematuhi tata tertib selama ujian berlangsung.

Bahkan dari pihak panitia memberikan wanti-wanti, agar siswa tetap tenang apabila ada kendala yang bisa tiba-tiba terjadi. Baik itu pada sistem android yang akan digunakan, atau ada hal lain yang mungkin bisa menghambat lajunya Try Out sistem online tersebut.

Sementara Panitia menyampaikan himbauan tentang kendala yang terjadi pada saat ujian berlangsung, diantara permasalahan itu diantaranya:

1. Siswa melakukan atau klik submit lebih dari satu kali, ketika telah menyelesaikan seluruh rangkaian pertanyaan atau soal-soal Try Out sebagai bukti selesai mengerjakan ujian pada satu mata pelajaran.
2. Siswa tidak hati-hati, karena bisa salah ketika memasukan nomor peserta.
3. Siswa salah nge-TAP kelasnya. Sehingga akan menyulitkan pemeriksaan pada hasil akhir ketika akan printout hasil.

Salah satu siswa kelas XII yang juga ikut serta melaksanakan Try Out ini, Euis Sukmara menjelaskan bahwa kegiatan ini memang merupakan awal latihan sebelum UN, sehingga siswa diberi latihan dengan melaksanakan Try Out terlebih dahulu.

Kesannya dengan pelaksanaan Try Out Online ini, ada bagus dan tidak nya juga.
Bagusna, lebih cepat dan simple, tetapi kendalanya juga banyak, ditambah suasana nya juga sedikit terasa kurang formal.

Di sini siswa memang anteng dengan HP androidnya masing-masing, karena serius membaca atau mengerjakan soal-soal yang ada.

Khusus untuk palajaran Bahasa Inggris, karena ada ujian listening, maka siswa harus benar-benar fokus mendengar suara audio yang dimunculkan di speaker audio dalam kelas.

Semoga dengan adanya ujian Try Out UN 2020 ini, para siswa lebih terpacu untuk menjelajahi teknologi dan tidak akan gaptek dalam hal teknologi sistem yang digunakannya. Salam sukses!

Foto : sumber Panitia Try Out UN 2020