Walimah VS Sedekah

::Walimah VS Sedekah::

Pagi-pagi bahas walimah. Kan emang lagi marak orang hajatan, resepsi pernikahan yang saya maksud di sini.

Nah ada yang menggelitik saya untuk dikulik. Sebab ada kisah-kisah yang sampai ke saya tentang acara walimah tersebut.

Kalo cerita keseruan acara walimah sih biasa, seperti, ‘pengantinnya cakep banget yaa, pangling deh!’, atau ‘sajiannya enak-enak dan berlimpah’, atau konsep dan dekorasinya keren’, dan lain-lain.

Tetapi ada satu yang kadang orang tak menyadarinya. Saat ada tetangganya yang mengadakan acara walimah, tentu para tetangga, kerabat, handai tolan pasti hadir memberikan ucapan selamat dan doa restunya. Yang gak boleh tertinggal juga adalah kado dalam amplop berwarna putih atau warna apa saja bebas lah.

Tidak dipungkiri, orang yang akan mengadakan resepsi/walimah pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi hari gini, dana untuk menikah itu wow keren deh!
Akhirnya ada diantara tetangga terdekatnya yang mungkin sedang tidak punya uang atau kurang mampu tak enak hati untuk hadir. Menurut orang tersebut, “kalo hadir gak ngasih amplop nanti jadi bahan omongan di lingkungan saya”.

Saya yang mendengar hal itu kok jadi miris. Padahal nabi mensunnahkan walimah meski hanya dengan memotong seekor kambing. Agar tetangga sekitarnya tahu dan turut mendoakan.

Mengadakan walimah atau resepsi atau tasyakuran itu dalam rangka mensyukuri nikmatNya. Selayaknya kita niatkan untuk shodaqoh. Bukan malah cari keuntungan biar balik modal.

Yang diharap adalah keberkahan dari Allah. Lha kalau dari awal sudah sentimen pas tahu si A ternyata gak ngasih amplop, numpang makan aja. Di mana letak keberkahannya?

Malah kalo bisa, tetangga sekitar kita itu diantar juga masakannya atau mengundang anak yatim dari panti asuhan untuk sama-sama mencicip hidangan yang jarang mereka temui.

Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang bisa menodai sebuah kebaikan. Jika mengundang orang untuk hadir dalam acara syukuranmu, doakan mereka yang kau undang sehat, agar bisa hadir untuk mendoakan. Jika mereka orang kurang mampu, tetaplah tampilkan wajah berseri saat mereka datang. Bisa jadi doa-doa dari merekalah acara kita dipenuhi berkah Allah.

Wallahu a^lam



rumahmediagroup/afafaulia18