Weekend On Festival

Weekend On Festival

Sabtu lalu tanggal 24 November 2019, me and the gank pergi ke acara “Festival Insight ITB 2019″.

Apa itu festival insight? Festival yang diadakan oleh ITB ini merupakan sebuah acara memperkenalkan teknologi pada masyarakat. Teknologi apa saja? Yang pasti teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Contohnya alat pendeteksi banjir Rob, mesin cuci manual yang ramah lingkungan, baterai berbahan dasar barang-barang limbah rumahan seperti ampas kelapa, dan masih banyak lagi.

Keterangan gambar : Atlantis, alat pendeteksi banjir Rob.

Semua benda yang dipamerkan merupakan hasil karya anak bangsa. Ada yang sudah dipatenkan dan ada yang masih proses. Kesemuanya dibuat tujuannya agar bermanfaat bagi masyarakat.

Pesertanya tidak hanya mahasiswa ITB saja, tetapi juga fakultas teknik dari universitas lainnya, bahkan ada beberapa SMK dan SMAIT dari luar daerah pula. Mereka dengan senang hati dan ramah menjelaskan setiap alat yang dipamerkan. Ide-idenya cukup brilian dan sangat menyentuh keseharian kita.

Keterangan gambar : Cocodry-Cell

Acara yang digelar seharian pada hari Ahad tersebut terbuka untuk umum dan gratis. Cukup menarik dijadikan acara wisata ilmu sambil ber-weekend dengan keluarga tercinta. Tinggal kita yang harus mempersiapkan stamina sebab lokasi kampusnya lumayan luas. Dan hampir setiap spot kampus digunakan untuk ruang pameran produk.

ITB sebagai salah satu kampus yang penuh dengan latar historik dan lingkungannya yang asri di kota Bandung memang selalu menjadi pusat perhatian masyarakat. Selain karena prestasi para mahasiswanya yang selalu cemerlang, juga banyak melahirkan orang-orang besar dan berpengaruh dalam sejarah Indonesia.

Semoga dengan kegiatan festival teknologi tersebut, akan lahir produk-produk berteknologi tinggi yang berguna bagi masyarakat namun tetap ramah lingkungan.

***

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah