WISATA RUHANI

Wisata Ruhani

Setiap menjelang pergantian tahun. Banyak sekali momentum penting yang dilakukan. Mulai dari muhasabah diri sampai perencanaan visi misi di tahun berikutnya, itupun terlaksana jika sang pemilik waktu masih memberikan kesempatan. Manusia hanya berencana, Tuhanlah penentunya.

Di sebuah lembaga yang memiliki sumber daya manusia yang cukup besar, kelola manajemen sangatlah penting, untuk menambah kesolidan tim yang bertujuan mempertahankan keberlangsungan lembaga itu sendiri. Cara merekatkan hubungan antara owner dan SDMnya biasanya dilakukan pada akhir tahun seperti ini, rekreasi atau wisata bersama salah satunya rutinitas yang paling sering dilakukan.

Wisata akhir tahun yang dilakukan oleh lembaga beserta SDMnya, biasanya memiliki tujuan khusus yang ingin dicapai. Disamping menyegarkan semangat kerja dan loyalitas SDM ada hal lain yang menjadi tujuan. Tujuan yang selaras dengan visi misi lembaga tentunya.

Wisata ruhani, salah satu pilihan cara merefresh SDM. Bersenang-senang dalam konteks wisatanya didapatkan dan kekuatan ruhani pembangun loyalitaspun didapat. Mengisi ruh setelah melewati rutinitas dan tekanan kerja cukup efektif dilakukan dalam satu kegiatan ini.

Diboyong bersama kesatu tempat. Jauh dari lokasi tempat beraktifitas bersama dalam keseharian. Dilayani oleh para founder, dikemas dalam acara yang menyenangkan, relaks dan nyaman, adalah pilihan tepat untuk dilakukan sebagai momentum perekat di akhir tahun. Sebuah lembaga besar tidak berarti tanpa dukungan dari para SDMnya.

Wisata ruhani, tidak hanya menyegarkan semangat dan loyalitas, namun juga membangun motivasi baru. Menyatu dengan alam, menyatu dengan lembaga, menyatu dengan para founder, kebersamaan yang mengeratkan. Diisi dengan muhasabah bersama melalui tadabbur dan tafakur.

Momentum menjadi sangat spesial. Kelelahan, kejenuhan dan rasa negatif lainnya di lebur menjadi satu. Di introspeksi untuk dijadikan bahan pelajaran dan dimunculkan kekuatan positif baru untuk bekal selanjutnya.

Indahnya kebersamaan. Menghilangkan batasan atau strata sejenak. Saling mendengar dan berkomunikasi bersama, akhirnya tidak ada dusta diantara kita. Istilah yang sering dipakai ketika momen berkumpul lembaga diakhir tahun. Melebur bersama dalam suka cita.

Mengembalikan semua hal hanya kepada-Nya. Satu menjadi tujuan adalah Dia. Maka semua pilihan jalan yang akan ditempuhpun tak keluar dari rambu-rambu yang telah ditentukan oleh-Nya.

Mengakhiri dengan penuh pemaknaan dan bersiap menyongsong berikutnya dengan penuh persiapan. Kekuatan jiwa lahir dan batin.

Pictdokpri