Wisuda Akbar Klaten Menghafal 3, Klaten Bersinar dengan Alquran

Wisuda Akbar Klaten Menghafal 3, Klaten Bersinar dengan Alquran

Kegiatan Wisuda Akbar Klaten Menghafal 3 telah selesai digelar pada Rabu, 25 Desember 2019. Sebanyak 5900 santri telah berkumpul di Masjid Al-Aqsa, Klaten sejak pukul enam pagi.

Total santri yang mengikuti munaqosah gelombang satu dan dua sebanyak 7.350 orang, mulai pra level hingga level 4. Santri yang mendapatkan nilai 80 atau jayyid jiddan dinyatakan lulus dan berhak mengikuti wisuda akbar. Dari standar nilai tersebut, santri yang lulus munaqosah sebanyak 5.900 orang.

Panitia pun perlu sedikit mengubah teknis acara agar seluruh santri bisa masuk ke dalam Masjid Al-Aqsa. Santri pra level ditempatkan di lantai dasar. Santri level 1 dan level 2 di lantai 2. Santri level 3 dan level 4 di lantai 3. Segenap relawan dikerahkan untuk mendampingi santri dari awal acara hingga acara selesai. Sedangkan wali santri menunggu di tempat yang sudah disediakan oleh panitia, berdasarkan level yang diikuti.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani. Beliau berkesempatan untuk menyerahkan hadiah kepada santri terpilih dengan bacaan terbaik. Pada kegiatan ini juga diumumkan 100 santri terbaik, 10 santri terfavorit, dan puncaknya adalah pengundian dua tiket umroh gratis kepada santri yang beruntung. Setiap santri yang diwisuda juga mendapatkan voucher umroh sebesar tiga juta rupiah.

Sempat terjadi sedikit kericuhan ketika santri keluar dari masjid, namun ada beberapa wali santri yang tidak bisa diajak tertib. Hal ini seharusnya menjadi instropeksi bersama, orang tua menginginkan anaknya menjadi penghafal Alquran, namun mereka lupa memberikan contoh adab yang baik, sebagai orang tua yang layak memiliki anak hafal Alquran.

Secara keseluruhan, acara Wisuda Akbar Klaten Menghafal 3 berjalan dengan lancar. Barakallah untuk semua panitia dan relawan. Semoga tetap istiqomah membuat acara akbar seperti ini setiap tahunnya. Insyaa Allah semua lelah, akan dicatat sebagai pahala. Menjelang zuhur, acara sudah paripurna.

Melihat antusias warga Klaten terhadap acara akbar ini, teriring doa semoga kelak para santri ini akan tumbuh menjadi generasi penghafal Alquran, yang membawa manfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam sebuah rumah dari rumah-rumah Allah, sedangkan mereka membaca kitabullah (Alquran), dan mempelajarinya, kecuali ketenangan turun kepada mereka. Rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka pada penduduk langit yang ada di sisi-Nya.”
(HR. Muslim)

Barakallahu fiikum.

rumahmediagrup/siskahamira

2 comments

Comments are closed.