WOW, JAKARTA DIKEPUNG BANJIR

WOW, JAKARTA DIKEPUNG BANJIR
Oleh Puji Yuli

Bulan Januari identik dengan musim penghujan alias hujan sehari hari. Musim hujan ini bisa mengakibatkan terjadinya bencana alam berupa banjir. Pada awal tahun 2020 ini beberapa daerah di Jakarta, Tangerang dan Bekasi diterjang musibah bencana banjir. Wow, Jakarta sebagai kota metropolitan dikepung banjir pada awal bulan Januari 2020 ini.

Bencana banjir yang melanda wilayah Jakarta itu menggenangi pemukiman warga juga jalan raya maupun jalan tol. Ketinggian air di wilayah Jakarta ini semakin tinggi mengakibatkan kemacetan tidak bisa dilewati kendaraan. Karena debit ketinggian air sudah mencapai kira kira 150cm sepinggang orang dewasa. Beberapa mobil, rumah warga maupun pertokoan terendam banjir.
Wow, hampir beberapa wilayah Jakarta terkepung dan terendam banjir karena curah hujan yang cukup tinggi.

Beberapa warga Jakarta mulai dievakuasi dari rumahnya yang diterjang banjir oleh relawan maupun oleh gabungan petugas. Evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir itu menggunakan perahu karet karena karena jalanan tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Warga di wilayah Jakarta diminta masih waspada bisa jadi banjir bisa kemungkinan naik maupun surut tergantung curah hujan yang terjadi di Jakarta. Wow, ibukota Jakarta dikepung banjir di awal pergantian tahun 2020.

Kalau kita bisa melihat banjir yang mengepung Jakarta saat ini perlu segera ditangani secara serius oleh negara. Hal yang perlu dilakukan oleh negara adalah Evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir, bantuan logistik korban banjir maupun penanggulangan dampak pasca banjir. Hal ini perlu dilakukan segera agar tidak ada korban jiwa dan ekonomi warga yang terdampak banjir bisa segera pulih kembali.

Hal ini perlu dilakukan oleh negara secara cepat dan tanggap darurat bencana banjir di Jakarta. Negara mempunyai peranan penting dalam penanganan bencana alam banjir yang kepung Jakarta. Negara bisa melakukan manajemen bencana alam berupa banjir sebagai wujud tanggung jawab negara terhadap rakyat.

Puji Yuli /rumahmedia