Yuk, Ajak Anak Bersuci Setelah Buang Air Kecil

Yuk, Ajak Anak Bersuci Setelah Buang Air Kecil

Meskipun masih kecil, anak-anak perlu diajarkan bersuci saat selesai buang air kecil. Agar ketika dewasa, akan menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan. Maksud bersuci di sini adalah membersihkan alat kelamin setelah selesai buang hajat.

Dari Anas, Rasulullah bersabda,
Sucikanlah diri kalian dari buang air kecil, karena sesungguhnya azab kubur umumnya adalah karena tidak membersihkan diri darinya.”
(Diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dalam at-Targhib wa at-Tarhib, 1/139)

Kadang orang tua masih suka meremehkan tentang hal ini. Dengan alasan masih anak kecil, tidak diajarkan “cebok” setelah buang air kecil. Buang air kecil di sembarang tempat, yaitu di kebun, tanah lapang, atau di belakang pohon. Mencari tempat sedapatnya. Padahal sangat penting mengajarkan anak buang hajat di toilet. Agar anak mampu menjaga auratnya dengan baik. Dan memperhatikan etika dan adab saat buang hajat.

Kalau kebiasaan jarang bersuci ini terbawa hingga dewasa, maka menjaga kebersihan setelah buang air kecil bisa dianggap sepele. Lalu apa akibatnya? Nanti saat mengerjakan salat, menjadi tidak sah ibadahnya.

Orang yang tidak membersihkan bekas air kencing dari badan dan pakaiannya, maka salatnya tidak diterima. Sepintas memang terlihat sepele, tapi kelalaian ini akan mendatangkan azab yang besar di akhirat.

Rasulullah ketika melewati dua kuburan bersabda:
Sesungguhnya kedua orang dalam kubur ini tengah di azab, dan keduanya di azab bukan karena suatu yang besar; salah satunya karena tidak menyucikan diri setelah buang air kecil, sedangkan yang lainnya karena menyebarkan adu domba (namimah)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Yuk berbenah diri dari sekarang. Mulai sejak dini, ajarkan pada anak-anak untuk bersuci setelah buang air kecil. Semoga kita tidak termasuk orang yang lalai memperhatikan hal-hal yang kecil.

Barakallahu fiikum

rumahmediagrup/siskahamira

3 comments

Comments are closed.