5 Cara Mengirim Naskah Ke Penerbit

Diterbitkan oleh penerbit tentu merupakan hal yang paling diinginkan bagi para penulis. Sebelum Anda mengirimkan naskah ke penerbit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Siapkan naskah yang sudah rapi

Jika kamu ingin karya kamu dihargai oleh editor penerbit dan diterbitkan, kamu juga tentunya harus menghargai karya kamu. Kamu harus siapkan naskah kamu yang sudah rapi. Bukan mengirimkan naskah yang masih berantakan. Apalagi mengirimkan naskah yang belum selesai. Perhatikan tata bahasa, penulisan yang benar, dan usahakan serapi mungkin.

  1. Pilih penerbit yang sesuai dengan jenis naskah kamu

Sebelum mengirim naskah kamu, perhatikan apakah penerbit tersebut menerima naskah sesuai dengan naskah yang kamu kirimkan atau tidak. Misalkan tulisan kamu tentang Novel Islami. Tentu pilih penerbit yang menerbitkan Novel Islami.

  1. Perhatikan tata cara pengiriman dan ketentuan mengirim naskah ke penerbit yang bersangkutan

Kamu juga harus memperhatikan tata cara dan ketentuan pengiriman naskah ke penerbit yang bersangkutan. Misal, ada penerbit yang hanya menerima naskah dalam bentuk cetak, ada pula penerbit yang menerima naskah dalam bentuk file lewat email. Dalam ketentuan pun biasanya penerbit berbeda-beda. Misalkan untuk penerbit tertentu mensyaratkan naskah 100-150 halaman, kemudian ketentuan margin, dan ketentuan lain sebagainya.

  1. Kirimkan naskah beserta sinopsis dan biodata penulis

Kirim naskah Anda beserta sinopsis dan biodata penulis. Jika perlu kirim pula proposal untuk meyakinkan penerbit yang bersangkutan.

  1. Jangan mengirim naskah ke beberapa penerbit sekaligus

Ini etika yang perlu diperhatikan penulis. Kirimlah naskah Anda pada satu penerbit. Tunggu sampai penerbit tersebut menerima atau menolak naskah Anda. Kemudian Anda bisa kirim ke penerbit lainnya. Itulah cara dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengirim naskah ke penerbit. Pada penerbit mayor tidak semua naskah akan diterima. Hanya sebagian kecil naskah yang akan diterima. Lain halnya jika Anda mengirim ke penerbit indie yang pasti menerima naskah Anda. Tentu keduanya punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Jika Anda ingin mengirim naskah Anda dan menerbitkan buku Anda tanpa penolakan dan dengan proses yang cepat silakan kirim ke penerbit indie. Tentunya hal tersebut akan dikenakan biaya dalam proses menerbitkannya.

rumahmedia/deejaysupriyanto