Ada yang Tahu Apakah itu Literasi Numerasi?

Kali ini saya ingin sekali membahas tentang apakah itu Literasi Numerasi. Sementara kebanyakan yang kita paham yaitu literasi sering terdengar berseliweran di mana-mana.

Tapi tidak menutup kemungkinan, pasti banyak pula yang sudah paham dengan hal yang akan saya ulas di sini.

Penulis hanya ingin sekedar menyampaikan kembali dan membagikan apa yang sudah kita ketahui, agar semua juga bisa tahu tentang Literasi Numerasi ini.

Secara garis besar sebenarnya pengertian pengertian dari Literasi Numerasi itu sangat mudah dalam pemahaman arti makna kata, dimana sempat di awal saya membuat candaan tentang kata ini, namun tidak usah kita bahas di sini ya.

Literasi Numerasi seperti yang saya kutip di https://gln.kemdikbud.go.id yaitu merupakan suatu kepandaian atau pengetahuan seseorang untuk bisa :
○memakai beragam simbol dan angka yang berkaitan dengan pembelajaran matematika paling mendasar, sehingga sebuah permasalahan itu dapat ditemukan jalan keluarnya dengan mudah. Ini sangat berkaitan erat dengan kegiatan keseharian di rumah atau pun di kantor.
○dapat mengukur atau memperhatikan informasi yang ada dalam berbagai bentuk semisal Bagan, grafik, tabel, kolom untuk akhirnya dapat diambil kesimpulan sebagai jawaban terakurat berkaitan dengan data tadi.

Nah, untuk Literasi itu sendiri, masyarakat pada umumnya sudah mahfum dan sudah dapat mengartikannya.

Literasi ini sebetulnya bukanlah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang dalam hobinya, namun ini adalah salah satu kemampuan yang tentu harus terus di asah, supaya dapat berkreasi lebih banyak lagi.

Nah, tentu hal ini sangatlah penting dalam persaingan di dunia nyata dalam hal mendapatkan dan mengolah berita untuk literasi itu sendiri.

Ternyata di abad ke-2015, Forum Ekonomi Dunia, memerinci tentang keterampilan literasi diantaranya dikutip dari Panduan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud RI yaitu : literasi Menulis; literasi Numerasi; Literasi Sains; Literasi Digital; Literasi Finansial dan; Literasi Budaya & Kewarganegaraan.

Dan satu lagi tambahan menurut Andreas Schleicher dari OECD yang merupakan sebuah organisasi pembangunan kerjasama ekonomi, menyatakan bahwa kemampuan ini merupakan proteksi kemampuan terbaik terhadap angka pendapatan rendah atau kurang, angka yang tidak bekerja, dan kesehatan yang memprihatinkan.

Pada intinya Literasi Numerasi diyakini sebagai kepandaian dalam memprediksi penghitungan ke masa depan agar diraih masa depan lebih baik lagi.

Sumber :
Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud./
LiterasiNusantara.com

Pict : dokumen pribadi