Dapur Ngebul atau Asap Dapur

Dapur Ngebul atau Asap Dapur

Kalau ditanya mana yang lebih dikenal, “Dapur Ngebul” atau “Asap Dapur”. Pasti sebagian besar lebih condong ke dapur ngebul ya, walaupun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) kata kiasan tersebut tidak ditemukan. Justru yang ada adalah asap dapur yang diartikan sebagai kebutuhan keluarga.

Menelaah makna kata dapur ngebul eh asap dapur dalam kehidupan sehari-hari kita, bisa dikatakan sebagai upaya seseorang untuk bertahan hidup memenuhi kebutuhan keluarga dengan bekerja atau berusaha apa saja sebatas kemampuannya.

“Ah, saya mah kerja apa saja, asal dapur ngebul.”

Begitu kalimat yang kita dengar saat seseorang ditanya, “kerja apa atau kerja dimana?”

Ya  untuk bertahan hidup banyak orang bekerja di luar keahlian yang dipelajarinya. Seorang sarjana hukum bisa saja mendapat pekerjaan sebagai marketing dan lainnya, bukan sebagai praktisi hukum sesuai bidang ilmu yang dipelajarinya.

Selain itu mungkin saja seseorang tidak mengindahkan apakah pekerjaan yang dilakukannya itu baik atau buruk menurut syariat agama, yang penting bisa bertahan hidup alias dapur ngebul terus.

Begitulah kehidupan dunia yang sebenarnya singkat waktunya dibandingkan nanti di akhirat. Semua yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan kelak, walaupun saat ini kita masih menjalaninya untuk dapur ngebul eh asap dapur tetap berjalan.

Pilihan ada di tangan masing-masing.

Wallahualam bishawab

rumahmediagrup/hadiyatitriono