Jaje Uli Tape Ketan

Jaje Uli Tape Ketan

Hari ini, Rabu 19 Februari 2020 adalah hari Raya Galungan. Anak-anak sekolah di Bali, sudah libur sejak Senin hingga nanti, selesai hari raya Kuningan tanggal 29 Februari 2020. 

Kalau kemarin pas Penampahan Galungan banyak yang ngelawar, gotong royong membuat masakan lawar, yang kebanyakan dilakukan kaum pria.  Hari ini saatnya menikmati jajanan khas hari raya. 

Salah satunya yang sering tersedia itu Jaje Uli beserta pendampingnya si legit Tape Ketan.

Jaje uli adalah jajanan yang terbuat dari ketan dicampur kelapa parut lalu ditumbuk halus. Jajan ini bisa disajikan kering atau dalam keadaan basah. 

Untuk lengkapnya, cara pembuatan jaje uli seperti berikut ini.

Bahan : 

1 kg ketan

1 bh kelapa yang tidak terlalu tua, parut

800 ml air panas (sesuaikan dengan kualitas ketan)

1 sdm garam (secukupnya)

Cara membuat :

Kukus ketan selama 20 menit. Angkat, lalu tuangkan air panas yang sudah diberi garam. Diamkan sebentar hingga air meresap. Kukus ketan kembali, bersama kelapa parutnya selama 20 – 30 menit. Angkat, campur adonan ketan dengan kelapa parut hingga rata. Tempatkan di wadah semacam baskom, lalu ditumbuk dalam keadaan panas, hingga lembut.

Hasil ketan yang lembut diletakkan pada wadah datar dengan tinggi sekitar 5 cm, ratakan. Potong-potong ukuran kotak.

Bila menginginkan dalam bentuk kering, ketan yang lembut dibentuk lonjong dan diiris tipis lalu dikeringkan.

Teman pelengkap jaje uli ini rasanya legit. Ya, dia si Tape Ketan. Persiapannya bisa memakan waktu 3 hari sampai siap dimakan. Bahannya hanya ketan putih atau ketan hitam, ragi tape, air dan terkadang ditambah gula pasir sedikit. Namun kalau kualitas raginya bagus, gula pasir tidak diperlukan lagi.

Cara membuatnya cukup dengan mengukus ketan seperti pada cara membuat jaje uli, lalu setelah tanak, ditaruh di wadah yang datar seperti tampah yang sudah dialasi daun pisang. Biarkan hingga dingin, baru taburkan 3 biji ragi yang sudah dihaluskan, ratakan ke seluruh ketan. Tutup atasnya dengan daun. Diamkan adonan tape selama 3 hari agar terjadi fermentasi.

Saat membuat tape, usahakan tidak terkena tangan langsung, gunakan sendok. 

Sajikan Jaje Uli dengan Tape Ketan. Gurih dan legit menyatu dalam rasa yang tak cukup hanya sepotong. 

rumahmediagrup/hadiyatitriono