Judul Tulisan yang Kece

Judul Tulisan yang Kece

Sobat Nubar, apa yang membuat kita tertarik untuk membeli sebuah buku? Pasti salah satunya adalah judulnya yang oke, iya nggak? Judul oke, biasanya bikin kita penasaran untuk tahu apa sih isi bukunya?

Nah, nyatanya, membuat judul yang kece dan oke itu susah-susah gampang. Kadang kita sudah menulis panjang hingga selesai satu naskah tetapi tidak tahu judul apa yang sekiranya cocok tapi menarik. Setiap penulis pasti ingin bukunya laku dibeli dan dibaca masyarakat. Iya, nggak?

Nah, kalau begitu, yuk kita belajar bareng-bareng untuk membuat judul tulisan yang oke dan keren. Simak baik-baik, ya?


  1. Maksimal 7 kata. Nggak usah panjang-panjang untuk judul. Cari yang pendek tapi menbuat penasaran. Contoh : Supernova, Danur.
  2. Gunakan judul yang unik. Unik itu artinya istimewa, berbeda, khusus, tidak ada persamaan dengan yang lain.
    Contoh : Badai Cemburu
    Waja Sampai Kaputing
  3. Membuat penasaran. Penasaran dengan makna judul suatu tulisan. “Ini buku ngomongin apa, ya? Apa yang aneh dengan judul yang diangkat oleh penulis?” Nah, kalau pembaca udah penasaran begini, artinya sukses nih satu langkah. Contoh : Jari Kelingking Bapak Perempuan ke-12
  4. Gunakan bahasa asing. Bukan ingin gaya-gayaan, loh. Tapi terbukti bahasa asing kadang terdengar kebih keren.
    Contoh :
    My Big Teacher
    Stop Phubbing
    Puppy Love
  5. Gunakan nama tokoh dalam cerita. Boleh kita pakai nama tokoh utama dalam naskah sebagai pilihan judul tulisan.
    Contoh :
    Dua Fatimah
    Keyakinan Baihaqi
    Ar Rumaisha
  6. Singkat tapi makna dalam.
    Contoh :
    Ikhlas
    Hujan
    Keajaiban Sedekah

❌Sebaliknya, ada hal-hal yang harus kita hindari juga. Yaitu :

  • Lebih dari 7 kata. Terlalu panjang kadang terdengar seperti sebuah laporan yang sudah ketebak isinya tentang apa.
    Contoh :
    She Is My Enemy But She Is My Best Partner –>(10 kata)
  • Berupa kesimpulan akhir. Nggak seru kan kalo orang udah tahu gimana endingnya?
    Contoh :
    Karena Ibu Tak Pernah Membenci
    Maafkan Aku Mama
  • Pernyataan. Semacam pernyataan biasa yang sering kita temui sehari-hari.
    Contoh :
    Cintaku untuk Dia
    Terima Kasih Bapak
  • Memakai tanda baca, meski ada penerbit yang memperbolehkannya.
    Contoh :
    Sori Cin, Aku Pergi.
    Antara Aku, Kau, dan KUA
  • Biasa-biasa saja. Kata-kata yang biasa, yang sering ditemukan setiap saat.
    Contoh :
    Sekolahku yang Membosankan
    Anty yang Berubah
  • Jangan disingkat saat penulisan. Jangan sampai membuat judul seperti membuat kopean materi kuliah ya, Sobat. Contoh : Adikku yg Malang
  • Judul tidak sesuai isi.
    Contohnya : Idul Fitri yang Syahdu(padahal event antologi tentang gadget, tapi tulisan yang disetorkan malah membahas suasana Idul Fitri). Kan nggak nyambung, Sobat.

Nah, apakah Sobat Nubar sudah dapat ide judul yang oke bin kece untuk tulisanmu? Semoga segera mendapatkan judul yang oke, ya. Selamat berjuang!

Semangat!

Salam literasi.

***

Referensi :
101 Dosa Penulis Pemula
Berbagai sumber lainnya.

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah