Kongkow Cerdas: Aki Maja dan Kong Usman

Kong Usman dari tadi beludah mulu diteras depan. Mungkin dia ngerasa mulutnya asem. Engkong nyang biasanya masih suka ngeroko bako mole pake cangklong atau langsung dibungkus lilitan daon kaung sudah hampir seminggu ini kaga lagi. Pan lagi puasa. Engkong lagi nyender dibale jomplang sambil kipasan lantaran ari terasa makin panas hingga dia ngerasa gerah terus dan badannya pada kebes.

Kaga berapa lama Aki Maja lewat. Aki baru aja pulang dari pasar. Dia nenteng bungkusan ampe mendoyot dan nyengser. Rupanya Aki baru beli ikan gabus kering nyang paling gede di Pasar Kranggan. Aki naro sepeda sundung di tiang peseban. Kemudan dia ngsrog duduk di bangku deket pinggiran gejogan.

“Gerah luh kong kekipas aja?”, tanya Aki sambil naro bungkusan.

“Iya nih, mentari penter banget. Guah ampe klumuy mandi keringet. Eh..luh dari mana, tumbenan mampir dimari?”, tanya balik Engkong Usman sambil duduk lempeng. “Tuh apaan dibungkusan ampe se alaihim?”, sambung engkong lagi.

“Oh ntuh, gabus kering Kong. Kemaren tuh pas lagi munggahan, gua kaga kecandak belanja. Abis semua orang tublek ke pasar. Baru sekarang dah gua ke pasar. Untung aja masih ada kesukaan gua. Ikan gabus kering di warung nya Bang Wanta…:, kata Aki panjang lebar.

“Sama gua juga belon sempet ke pasar. Kira-kira gua keabisan kaga yah?”.

“Lah kaga bakalan. Pan tukang warungnya juga belanja terus..”

“eh iya yah…”

“Eh…berapa tuh sekilo ikan gabus kering sekarang?”

“masih kaya maren, naik dikit doang. Malah mahalan jengkol karang mah. Haraga jengkol ngalahain harga daging. Masak jengkol sekilo tujuh puluh rebu..?”

“Yang bener, Ki…???”

“Bener…gua ajah ampe kaget…”

“Luh mah kaget mulu, Ki. Ngedenger cabe naik kaget. Ngedenger listrik naek kaget. Ngdenger gajih naek luh kaget kaga?”

“Bujug dah…emang gua pegawe negeri…”

Kong Usman beludah lagi. Aki ngeabacun aja ngeliatin. Tuh aki-aki puasa kaga beludah mulu gawenya. Aki Maja dehem. Hemmmm.

“Luh puasa Kong?’

“Lah emang luh kaga liat apa ,Ki. Pan dari tadi ua beludah mulu..”

“Orang puasa kan ciri-cirinya bukan beludah mulu, Kong. Tuh bocah bibirnya bowesan juga beludah mulu…”, jawab Ali sambil nyengir.

“Gile luh, gua disamain sama bocah bowesan. Gua mah puasa beneran. Pan saban ari juga udah mulai puasa…”

“Maksud luh..?”

“Gimana kaga puasa, nyari duit makin susah, pemerentah terus naikin harga. Rupiah aja makin moncrot di jejekin sama dollar. Pemerentah kaga bekutik…”

“Emang sih Kong, kaya kita nih nyang orang kecil berasa banget. Lah mantu gua juga Si Oding nyang jadi PNS Guru ngeluh juga…lantaran kaga dapet kesra cuman segajih gajihnya”

“Mendingan. Lah kalo kita, Guru bukan, PNS kaga, sapah nyang mau bayarin kalo sembako makin naik terus harganya. Apalagi mau lebaran begini. Yaaah…puasa aja saban ari dah..”

“Udah jangan  ngegrutu ajah…nih luh gua bagi separo…gua beli banyak lagian…”

“Makasih kalo gituh, Ki. Bisa makan sayur gabus dikuningin dong. Emang dasar rejeki mah kaga ketuker…makasih Ki. Untung luh mampir..”, sahut Engkong sumringah.

“Yah…biar ntar buka puasa lebih gairah ..ya udah gua pulang dulu kalo gitu..”, kata Aki sampil ngelehod nyamperin sepedanya. Kemudian pergi.

Kong Usman senyum. Dasar nasib lagi bagus, mungkin ini hikmahnya orang berpuasa. Tapi yang lebih penting bukan hanya nahan haus dan lapar, tapi nahan emosi dan hati. Tiba-tiba suara adzan ashar kedengeran di mesjid Tekel. Kong Usman langsung empron masuk kedalam sambil bawa tentengan gabus kering***

Majayus Irone/Budayawan/Rumediagrup.com/Cerpen