LAMBANG IPSI DAN MAKNANYA

Lambang IPSI dan Maknanya

Seperti yang kita ketahui, bela diri pencak silat berasal dari Indonesia. Kini, ratusan perguruan silat berkembang di tanah air. Ada Merpati Putih, Setia Hati, Tapak Suci, Cimande, dan sebagainya. Nah, perguruan-perguruan silat tersebut bernaung di bawah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Sebagai organisasi yang menaungi berbagai macam aliran dalam pencak silat, IPSI memiliki logo atau lambang. Nah, logo atau lambang ini ternyata ada artinya lho.

  1. Warna merah pada logo IPSI yang berbentuk segi lima memiliki arti keberanian dalam usaha kebenaran.
  2. Warna kuning pada sayap, mempunyai arti IPSI mengutamakan keluhuran budi pekerti dan kesejahteraan menuju kejayaan NKRI.
  3. Warna hijau pada tulisan “IPSI” dan “IKATAN PENCAK SILAT INDONESIA”, memiliki arti ketenangan dalam menghadapi sesuatu dan kemantapan jiwa.
  4. Bentuk perisai segi lima, mempunyai arti bahwa IPSI berlandaskan pada Pancasila dan mempunyai tujuan membentuk manusia yang pancasilais.
  5. Sayap burung garuda, mempunyai arti kekuatan bangsa Indonesia bertumpu pada kemurnian, keluhuran, dan juga keseimbangan.
  6. Lima lingkaran saling terhubung, mempunyai arti kalau IPSI merupakan pemersatu semua elemen, aliran dan memegang teguh persaudaraan melalui olahraga pencak silat.
  7. Pita berwarna merah putih yang terikat, mempunyai makna IPSI sebagai pemersatu bangsa dan setanah air melalui pencak silat hasil karya nenek moyang Indonesia.
  8. Tangan bersilang, memiliki arti IPSI ikut andil dalam membantu negara dalam bidang pertahanan nasional dan keamanan dengan cara pembinaan kader-kader IPSI dengan latihan fisik dan mental.
  9. Senjata trisula, mempunyai arti bahwa IPSI selalu siap siaga dalam berpartisipasi membantu negara dengan tiga poin pokok, yaitu: Mengusahakan keluhuran budi pekerti; Memelihara dan merawat kebudayaan; dan Melestarikan dan menjalankan olahraga pencak silat.

Sumber: Tangkapan Layar IG (silat_mp)

Demikian arti lambang IPSI.

Salam Olahraga!

@windadamayantirengganis @rumegrup